Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia, Diperingati Setiap 15 Oktober

Admin 0 Komentar

Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap 15 oktober, yang bertujuan untuk mendorong masyarakat agar tetap menjaga kebersihan tangan.

INDIFFS.COMHari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day ini diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Adanya peringatan ini, bertujuan mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mencuci tangan memakai sabun.

Apalagi tangan menjadi salah satu penyebab utama penularan penyakit, karena melalui tangan kita kontak langsung dengan berbagai benda atau area yang mengandung banyak kuman penyebab penyakit. Tentu dengan adanya peringatan ini didedikasikan untuk mengedukasi cuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan banyak nyawa.

Terlebih paska pandemi covid-19 terjadi, peringatan ini menjadi salah satu langkah yang sangat efektif untuk mencegah penularan virus.

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia

Momen hari cuci tangan sedunia pertama kali dicetuskan pada tanggal 15 Oktober 2008 oleh Global Handwashing Partnership. Peringatan yang kemudian menjadi momentum tahunan tersebut diawali dengan aktivitas mencuci tangan menggunakan sabun yang dilakukan 120 juta anak lebih dari 70 negara.

Sejak itu, global handwashing day selalu diperingati pada tanggal 15 Oktober setiap tahun. Peringatan hari cuci tangan sendiri dicetuskan bukan tanpa alasan. Melalui momentum ini, Global Handwashing Partnership berniat mengedukasi tentang pentingnya manfaat cuci tangan pakai sabun pada masyarakat dunia.

Selain penjelasan tentang cara mencuci tangan yang benar, pengetahuan mengenai manfaatnya, penyakit yang muncul akibat malas cuci tangan, hingga berbagi hal lain mengenai kebiasaan cuci tangan pakai sabun konsisten disuarakan di tiap perayaan Global Handwashing Day.

Melalui peringatan ini, diharapkan bahwa kebiasaan mencuci tangan menjadi bagian dari agenda penting dunia. Dengan begitu, diharapkan masyarakat tak lagi menjadikan rutinitas cuci tangan pakai sabun sebagai sebuah keterpaksaan, namun menjadi sebuah kebiasaan yang sulit ditinggalkan.

Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2022

Dilansir dari situs Global Handwashing, peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2022 ini mengusung tema “Unite for Universal Hand Hygiene” atau bersatu untuk kebersihan tangan secara universal.

Tema tahun ini menyerukan kepada pemerintah, institusi, hingga masyarakat untuk bersatu dalam tindakan mencapai tujuan kebersihan tangan untuk semua.

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Sebagai bentuk untuk memperingati hari mencuci tangan sedunia ini, ialah dengan mencuci tangan yang benar. Karena pasalnya, banyak orang yang sering melakukan kesalahan pada saat mencuci tangan nya.

Adapun berikut beberapa cara untuk mencuci tangan yang benar ialah:

  • Basahi kedua tangan kamu dari telapak tangan sampai pertengahan lengan dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin).
  • Tuangkan sabun secukupnya dan oleskan ke kedua tangan kamu hingga menutupi seluruh permukaan tangan.
  • Gosok kedua telapak dan punggung tangan kamu secara bergantian. Jangan lupa gosok jari-jari tangan dan sela-sela jari sampai bersih. Kemudian, bersihkan juga bagian bawah kuku.
  • Bersihkan kedua ibu jari tangan dengan cara menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.
  • Gosok dan bersihkan tangan setidaknya selama 20 detik.
  • Bilas tangan dengan baik di bawah air bersih yang mengalir.
  • Keringkan tangan dengan menggunakan handuk bersih atau di bawah hand dryer.

Demikian penjelasan seputar hari cuci tangan sedunia atau Global Handwashing Day yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Semoga dengan penjelasan di atas kita semua dapat memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan tangan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru