Sejarah Hari Dokter Nasional yang Diperingati Setiap 24 Oktober

Admin 0 Komentar

Hari Dokter Indonesia atau Hari Dokter Nasional diperingati setiap tanggal 24 Oktober. Terdapat sejarah dan tema Hari Dokter Nasional 2022

INDIFFS.COM – Hari Dokter Indonesia atau Hari Dokter Nasional diperingati setiap tanggal 24 Oktober. Pada tahun 2022 ini merupakan peringatan ke-72 yang juga bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-72.

Diakuinya Hari Dokter Nasional menjadi bukti bahwa dokter merupakan profesi mulia dan sekaligus menjadi sarana bagi kelompok profesi ini untuk menjaga tradisi kemuliaan dengan tidak jatuh dalam kebrutalan moral. Hari Dokter Nasional juga menjadi hari penting untuk mengapresiasi jasa-jasa para dokter kepada masyarakat dan kehidupan individual.

Sejarah

Sejak di resmikan pada tahun 1950, Indonesia sudah merayakan momentum Hari Dokter Nasional selama 72 tahun. Hal ini menjadi salah satu momentum penting dalam sejarah Indonesia, khususnya sejarah Ikatan Dokter Indonesia itu sendiri.

Organisasi Ikatan Dokter Indonesia lahir pada 1911, jauh sebelum di resmikan pada 1950. Awalnya, organisasi ini bernama Vereniging van Indische Artsen dan pada 1926 berganti nama menjadi Vereniging Van Indonesische Genesjkundigen (VIG). Pada tahun 1940, VIG mengadakan kongres di Solo. Salah satu hasil kongres adalah penunjukkan Bahder Djohan untuk membina dan memikirkan istilah baru dalam dunia kedokteran.

Saat Jepang menduduki Indonesia pada 1943, VIG di bubarkan dan di ganti menjadi Jawa izi Hooko-Kai. Tahun 30 Juli 1950, atas usul Seni Sastromidjojo PB Perthabin (Persatuan Thabib Indonesia) dan DP-PDI (Perkumpulan Dokter Indonesia), mengusulkan pertemuan yang terwujud sebagai Muktamar Dokter Warganegara Indonesia (PMDWNI). Saat itu, muktamar ini diketuai oleh Dr Bahder Djohan.

Di tanggal 22-24 September 1950, Muktamar I IDI di gelar di Deca Park, dan di resmikan pada Oktober. Dalam muktamar tersebut, Dr Sarwono Prawirohardjo terpilih sebagai ketua umum IDI pertama.

Pada 24 Oktober 1950, IDI resmi berdiri dengan dasar hukum yang sah. Tanggal peresmian itulah yang kemudian di peringati sebagai Hari Dokter Nasional.

Tema

Dalam unggahan Instagram resmi Ikatan Dokter Indonesia (@ikatandokterindonesia), peringatan Hari Dokter Nasional 2022 mengusung tema “Berbakti untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat” “Satu IDI Terus Maju”. Selain itu, IDI juga merilis logo Hari Dokter Nasional 2022 yakni berupa tulisan angka 72 dengan logo IDI di tengahnya. Logo Hari Dokter Nasional 2022 ini masih selaras dengan logo dan tema Hari Bakti Dokter Indonesia ke-114 yang menjadi satu identitas tersendiri untuk IDI.

Makna tema Hari Dokter Nasional 2022 atau HUT IDI 2022, yaitu:

  • Berbakti untuk Negeri: Dari masa ke masa, IDI menginisiasi dan merealisasi segala bentuk program, terobosan maupun regulasi kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan rakyat Indonesia menuju masyarakat sehat dan sejahtera. Hal ini adalah sebuah bentuk dharma bakti para anggota IDI sebagai individu, maupun IDI secara organisasi untuk berbakti pada negeri.
  • Mengabdi untuk rakyat: Pembangunan kesehatan masyarakat seyogyanya dilakukan secara berkesinambungan dan melibatkan semua lini kehidupan. Pembangunan kesehatan harus mampu menjawab persoalan kesehatan masyarakat yang tentunya tidak sama di setiap wilayah Indonesia.

Untuk merayakan Hari Dokter Nasional biasanya rekan-rekan dokter memperingati nya dengan mengadakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan dan kedokteran. Seperti pengobatan gratis, senam sehat, konsultasi gratis, dan berbagai jenis kegiatan lainnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru