Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia dan Cara Memperingati

Hani Hnsa 0 Komentar

Hari Kesehatan Mental Sedunia merupakan hari penting yang diperingati pada 10 Oktober dan selalu mengusung tema yang berbeda-beda tiap tahun.

INDIFFS.COM – Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap 10 Oktober, yang tahun ini jatuh pada hari ini. Momentum ini selalu diperingati untuk menyadarkan dan mengingatkan masyarakat bahwa kesehatan mental tidak kalah penting dari kesehatan fisik.

Selama pandemik, kesehatan mental menjadi krisis global yang jadi perhatian penting. Kondisi yang serba terbatas dan berubah, membuat banyak orang rentan mengalami tekanan hingga gangguan kesehatan mental. Untuk itu, World Federation for Mental Health (WFMH) menetapkan tema “Making Mental Health & Well-Being for All a Global Priority” tahun 2022.

Sejarah Hari Kesehatan Mental

Dikutip dari National Today, sejak masalah kesehatan mental muncul di berbagai negara, WFMH tahu bahwa mereka perlu bertindak dalam menyelesaikan krisis tersebut. Maka dari itu, Hari Kesehatan Mental Sedunia dibentuk pada 1992 melalui itikad baik WFMH yang dipimpin oleh wakil sekretaris jenderal saat itu, Richard Hunter.

Tujuan utama organisasi tersebut adalah untuk mengedukasi kesehatan jiwa atau mental secara keseluruhan. Selama tiga tahun pertama sampai tahun 1995, ada siaran televisi di seluruh dunia yang menyampaikan pesan soal kesehatan mental.

Hasil yang diharapkan pun terjadi. Sebanyak 27 negara mengirimkan laporan umpan balik setelah adanya penayangan tersebut dan dibantu dengan kampanye nasional di Australia dan Inggris.

Mulai 1995 dan seterusnya, Pan American Health Organization (PAHO) mengatur penerjemahan materi perencanaan kesehatan mental ke dalam bahasa Spanyol, Prancis, Rusia, India, Jepang, Cina, dan Arab agar makin banyak populasi dunia yang mengerti tentang pesan WFMH. Akibatnya, warga sipil mulai paham mengenai persepsi kesehatan mental dan menjadikannya identik dengan Hak Asasi Manusia (HAM).

Cara Memperingati

Cara untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 dapat dilakukan dengan berbagai hal. Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk memperingati nya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia:

  • Berpartisipasi dalam Event Online

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ada banyak event atau acara yang digelar secara online. Acara-acara di Hari Kesehatan Jiwa diselenggarakan untuk mendorong orang-orang agar dapat berkontribusi dalam menyebarkan kesadaran akan kesehatan mental.

Menurut WMHD Global hingga 10 Oktober 2022 akan ada banyak acara online yang bisa diikuti, termasuk festival hingga kegiatan support group online. Acara-acara tersebut terbuka bagi siapa saja dan gratis.

  • Menjangkau Orang-Orang Terdekat

Menemui orang-orang terdekat yang sedang berjuang menjaga kesehatan mental mereka adalah cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang paling efektif. Caranya mudah, kamu hanya perlu menemui mereka dan mendengarkan keluh-kesah apa yang tengah ia rasakan. Selain itu, kamu bisa menawarkan pertolongan untuk membantunya agar tidak merasa sendirian dalam berjuang.

  • Meramaikan Media Sosial

Media sosial menjadi platform yang tepat untuk menyebarluaskan kampanye terkait kesehatan mental. Melansir Health Assured kegiatan kampanye di media sosial dapat dilakukan dengan cara:

    1. menuliskan tagar #worldmentalhealthday atau #harikesehatanmental dunia.
    2. mengikuti media sosial WFMH Global untuk memperoleh panduan kampanye.
    3. mengunggah foto dengan twibbon Hari Kesehatan Mental sedunia.
    4. menandatangani atau membuat petisi untuk meningkatkan kesejahteraan penderita gangguan mental di tempat kerja, lembaga pendidikan, atau forum sosial lainnya.

Demikianlah informasi sejarah dan cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru