Sejarah Hari Tanpa Bra, Diperingati Setiap Tanggal 13 Oktober

Wiwin Indriani 0 Komentar

Setiap pada tanggal 13 Oktober memperingati Hari Tanpa Bra atau No Bra Day. Penetapan peringatan ini memiliki kisah sejarahnya tersendiri.

INDIFFS.COM – Setiap pada tanggal 13 Oktober memperingati Hari Tanpa Bra atau No Bra Day. Hadirnya peringatan ini memiliki penjelasan terkait arti penting di balik kampanye yang dilakukan. Penetapan Hari peringatan tersebut juga memiliki cerita atau kisah sejarahnya tersendiri. Peringatan ini di adakan untuk meningkatkan kesadaran perempuan mengenai bahaya kanker payudara dengan tidak memakai BH selama sehari.

Sejarah Hari Tanpa Bra

Hari tanpa bra awalnya dirayakan setiap tanggal 9 Juli untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya kanker payudara. Akan tetapi, dipindahkan ke 13 Oktober yang bertepatan dengan Bulan Kesadaran Kanker Payudara.

Pertama kali didirikan di Toronto, Kanada di mana awalnya diberi judul Bra Day, akronim dari Breast Reconstruction Awarness yang di gagas oleh bedah plastik Dr Mitchell Brown sejak 2011 untuk menyemangati perempuan yang sedang melakukan mastektomi.

Karena sama-sama hari penting, kedua hari tersebut digabung dan tanggal perayaannya di ubah dan ditetapkan secara resmi bahwa akan diperingati pada setiap 13 Oktober. Bulan Oktober dipilih karena bertepatan dengan bulan peduli kanker payudara.

Hari tanpa bra sendiri tidak diakui secara resmi oleh organisasi penelitian kanker manapun dan bukan bagian dari Bulan Kesadaran Kanker Payudara oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Meski begitu, perayaan ini secara tidak langsung bertujuan untuk mengumpulkan dana pencegahan kanker.

Cara Merayakan

Dengan peringatan No bra day, perempuan diajak untuk berpartisipasi dalam gerakan payudara untuk mendeteksi benjolan yang merupakan gejala kanker payudara. Pada peringatan ini juga menganjurkan untuk tidak menggunakan bra dan meninggalkannya di rumah atau tidak perlu di bawa pada hari itu.

Arti penting yang ada di baliknya adalah untuk meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan akan adanya kanker payudara. Selain itu, peringatan ini juga menjadi salah satu hari untuk memberikan dukungan dan solidaritas kepada setiap orang yang tengah berjuang menghadapi kanker payudara.

Untuk ikut memperingati peringatan ini, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan hashtag #NoBraDay di sejumlah media sosial.

Selain itu juga bisa melakukan penggalangan dana untuk penderita kanker payudara. Dukung juga perayaan ini dengan melakukan konsultasi ke dokter apabila merasakan gejala-gejala aneh.

Sering Menuai Kontroversi

No Bra Day bukan soal ajang pamer payudara. Beberapa kelompok merayakannya untuk meningkatkan kesadaran mengenai bahaya kanker payudara. Salah satu merayakan peringatan Hari Tanpa Bra ini yaitu dengan post foto mereka tanpa menggunakan BH di media sosial. Bentuk dukungan ini sering di kritik oleh beberapa pihak karena dianggap terlalu berlebihan, vulgar dan juga tidak memberikan edukasi apapun.

Terlepas dari kontroversinya, Hari Tanpa Bra memiliki tujuan yang sangat berarti terutama bagi penderita dan survivor kanker payudara.

Demikianlah mengenai peringatan hari tanpa BH, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru