Sejarah, Tujuan dan Latar Belakang Terjadinya Peristiwa G30S PKI

Admin 0 Komentar

Sejarah G30S PKI yang terjadi pada tahun 30 September 1965 ini menjadi salah satu sejarah kelam bagi bangsa Indonesia.

INDIFFS.COM – Jika menengok Sejarah Peristiwa G30SPKI yang terjadi pada tanggal 30 September, tidak jauh dari peristiwa pemberontakan yang dilakukan oleh pasukan Komunis dan ingin menghancurkan bangsa Indonesia.

G30S PKI atau Gerakan 30 September ini menjadi salah satu sejarah kelam bagi bangsa Indonesia. Terjadi tepat pada tanggal 30 September 1965 atau 57 tahun lalu, peristiwa ini masih membekas sampai sekarang.

Meski tujuannya gagal tercapai tapi peristiwa ini masih tersimpan sebagai catatan kelam dalam sejarah Indonesia. Terlebih dampak dari G30S PKI ini meluas bukan hanya di bidang pemerintahan dan politik tapi juga terjadinya pembantaian. Sampai saat ini yang masih menjadi perdebatan adalah mengapa peristiwa G30S PKI terjadi serta siapa dalang dibalik semua peristiwa.

Sejarah Singkat G30SPKI

Adapun sejarah peristiwa pemberontakan oleh bangsa komunis ini di pimpin oleh Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit, yang sekaligus pemimpin terakhir partai komunis Indonesia.

Peristiwa G30S PKI dimulai dengan penculikan tujuh jenderal, namun Jenderal AH Nasution berhasil meloloskan diri.

Enam perwira tinggi TNI yang menjadi menjadi korban dalam peristiwa ini antara lain adalah:

  • Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani
  • Mayor Jendral Raden Soeprapto
  • Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono
  • Mayor Jenderal Siswondo Parman
  • Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan
  • Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo.

Sementara itu, Panglima TNI AH Nasution yang menjadi target utama namun berhasil meloloskan diri. Tapi, putrinya Ade Irma Nasution tewas tertembak dan ajudannya, Lettu Pierre Andreas Tendean diculik dan ditembak di Lubang Buaya.

Pasca kejadian itu, rakyat Indonesia menuntut Presiden Soekarno untuk membubarkan PKI. Dan akhirnya Soekarno memerintahkan Mayor Jenderal Soeharto untuk membersihkan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI.

Setelah itu Soeharto bergerak dengan cepat, kemudian menyatakan bahwa PKI sebagai penggerak kudeta sehingga membuat para tokohnya diburu dan ditangkap.

Termasuk pemimpin PKI pada saat itu DN Aidit yang sempat kabur ke Jawa Tengah, dan pada akhirnya berhasil di tangkap.

Adapun organisasi yang dianggap simpatisan atau terkait dengan PKI antara lain Lekra, CGMI, Pemuda Rakyat, Barisan Tani Indonesia, dan Gerakan Wanita Indonesia yang pada akhirnya di tangkap.

Tujuan G30S PKI

Adapun gerakan ini memiliki tujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno. Mereka juga menginginkan pemerintah Indonesia berubah menjadi pemerintahan komunis.

Berikut beberapa tujuan G30S PKI menurut Sutan Remy Sjahdeini dalam buku Sejarah Hukum Indonesia, yang dikutip dari Inews,yakni:

  1. Mengkudeta pemerintahan Presiden Soekarno.
  2. Menghancurkan NKRI dan menjadikannya sebagai negara komunis.
  3. Menyingkirkan TNI AD dan merebut kekuasaan pemerintahan.
  4. Mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis.
  5. Mewujudkan cita-cita ideologi komunis yang akan membentuk pemerintah komunis sebagai alat mewujudkan masyarakat komunis.
  6. Usaha tersebut dilakukan dalam jangka panjang dari generasi ke generasi secara berlanjut.
  7. Selanjutnya bahwa kegiatan yang dilakukan tidak pernah terlepas dari rangkaian kegiatan komunisme internasional.

Latar Belakang

Adapun terjadinya kejadian pemberontakan G30SPKI ini di latar belakangi oleh beberapa peristiwa, berikut beberapa peristiwa yang dapat kami rangkum:

  1. PKI pernah melakukan pemberontakan di Madiun pada tahun 1948 tetapi gagal. Pada tahun 1950, PKI muncul kembali dan ikut terlibat dalam politik Indonesia
  2. Kondisi sosial-politik di masa Demokrasi Terpimpin memberikan peluang kepada PKI untuk memperkuat pengaruhnya. Berlakunya doktrin Nasakom (Nasionalisme, Agama dan Komunisme) turut mengangkat kedudukan PKI dalam percaturan politik
  3. Angkatan Darat menolak pembentukan Angkatan kelima.
  4. Angkatan Darat menolak Nasakomisasi karena ajaran ini dianggap hanya akan menguntungkan kedudukan PKI.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami rangkum mengenai sejarah, tujuan, dan latar belakang terjadinya peristiwa G30SPKI.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru