Sering Lupa Membaca Doa Ketika Makan? Amalkan Bacaan ini!

Resa Azzahra 0 Komentar

Sering lupa? Amalkan Bacaan Doa ketika Lupa Membaca Doa Makan, lengkap teks arab, latin dan artinya. jika lupa, bisa ganti dengan doa ini

INDIFFS.COM – Membaca doa ketika hendak makan adalah sunnah, sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah agar mendapatkan pahala serta nikmat yang telah Allah berikan. Namun sering terjadi, persoalan lupa membaca doa ketika makan.

Sebab, membaca doa mau makan akan membuat makanan menjadi lebih berkah sesudah disantap dan makanan akan bernilai ibadah jika diniatkan untuk beribadah. Artinya makan bertujuan untuk menjaga badan tetap kuat agar bisa melakukan berbagai ibadah.

Tetapi tak dipungkiri terkadang jika kita sedang begitu lapar dan makanan telah ter saji di depan mata, kita lupa membacakan doa hendak menyantap makanan.

Doa Ketika Lupa Baca Basmalah Saat Makan

Karena doa sangat dianjurkan, maka sebaiknya bacalah doa sebelum makan. Namun jika kita lupa membacanya sebelum makan, bacalah doa berikut dari HR. Abu Dawud no. 3767, dan dishohihkan oleh Al-Albani :

بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu

Artinya: “Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.”

Atau :

HR. Ibnu Majah no. 3264, dan dishohihkan oleh Al-Albani :

بِسْمِ اللَّهِ فِيْ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Artinya : “Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.”

Doa Setelah Makan

Tak hanya itu, Setelah makan Rasulullah SAW mengajarkan kita doa sesudah makan yang kini menjadi pedoman umat islam. Doa ini sebagai ungkapan rasa syukur karena telah diberikan rezeki berupa makanan maupun minuman. Berikut adalah doa nya:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim.”

Dengan bersyukur, makanan apa pun yang dimakan akan terasa nikmat. Namun, apabila makanan tersebut tidak disyukuri, maka se-lezat apapun makanan yang ada, tak akan terasa nikmat di lidah.

Demikianlah mengenai Bacaan Lupa Membaca Doa Makan, lengkap teks arab, latin dan artinya. Semoga kita tidak lupa baca basmalah ya saat makan. Tapi jika lupa sesekali, bisa ganti dengan doa ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat membantu kita semua.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru