Seru! Ini 7 Cara Menarik untuk Merayakan Hari Kartini di Kantor

Admin 0 Komentar

Bingung bagaimana cara merayakan Hari Kartini di kantor? Yuk, simak 7 contoh kegiatan menarik yang bisa kamu dan teman kantormu lakukan.

INDIFFS.COM – Menjelang tanggal 21 April nanti, tak sedikit pekerja yang mencari tahu cara merayakan Hari Kartini di kantor. Bagaimana tidak? Selain untuk memperingati emansipasi perempuan Indonesia, momen ini juga bisa menjadi ajang bonding bagi para karyawan.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan hiburan dan penyegaran pikiran di tengah penatnya pekerjaan. Selain itu, kegiatan perayaan Hari Kartini juga diharapkan dapat meningkatkan solidaritas dan engagement karyawan di perusahaan.

Nah, kira-kira, seperti apa cara yang menarik guna memeriahkan Hari Kartini di tempat kerja?

Cara Merayakan Hari Kartini di Kantor

Merangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan peringatan Hari Kartini di Kantor, bersama rekan kerjamu:

1. Mengadakan Lomba Memakaikan Make-Up

Salah satu kegiatan yang menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama di kantor ialah dengan lomba memakaikan make-up atau merias wajah. Kegiatan ini dapat diikuti oleh karyawan wanita maupun pria.

Alih-alih merias wajah sendiri, peserta diharuskan merias wajah rekan satu timnya. Peserta terdiri dari dua orang yang merupakan perwakilan dari setiap divisi atau departemen. Kemudian, untuk membuatnya semakin seru, satu tim sebaiknya terdiri dari 1 orang laki-laki dan satu orang perempuan.

2. Mendekorasi Kantor

Jika ingin merayakan Hari Kartini di Kantor, cara yang bisa kamu ikuti adalah dengan dekorasi kantor. Alih-alih memberikan pekerjaan dekorasi pada pihak general affairs, kamu dan rekan kerja bisa membentuk tim kecil dan melaksanakan tanggung jawab masing-masing.

Tentunya, kegiatan ini akan membuat pertemanan kerja kamu semakin lebih akrab bukan?, Selain itu, pastikan pula kerjaan kantormu sudah selesai ya, atau kamu bisa memanfaatkan waktu kosong.

3. Fashion Show

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu dan teman kantormu lakukan untuk memperingati Hari Kartini ini ialah dengan mengadakan acara fashion show pakaian tradisional.

Teknisnya, peserta fashion show merupakan perwakilan dari tiap-tiap divisi atau departemen (jumlah peserta disesuaikan). Kemudian, buatlah panggung atau space runway sederhana menggunakan karpet untuk para peserta berjalan di atasnya.

4. Lomba Meme Apresiasi Kartini

Selanjutnya, kegiatan yang bisa dilakukan di kantor ialah mengadakan lomba meme apresiasi Kartini. Siapa sangka bahwa lomba meme merupakan salah satu cara terbaik untuk merayakan Hari Kartini di kantor. Hal ini berlaku karena terdapat banyak ide meme yang bisa diciptakan guna memeriahkan peringatan Hari Kartini.

Contohnya, Kamu bisa buat meme sindiran bagi orang-orang yang masih tidak menyetujui kesetaraan gender di tempat kerja atau opini tentang kasus kekerasan seksual yang kerap disepelekan.

5. Memakai Baju Batik

Cara lainnya untuk merayakan hari kartini di kantor adalah dengan menggunakan baju batik. Ide satu ini dapat menjadi cara bagi para pekerja untuk memperingati Hari Kartini sambil mengapresiasi kebudayaan dalam negeri.

Selain itu, batik pun tak hanya dikenakan untuk foto. Karyawan wajib memakainya saat bekerja maupun bersosialisasi di kantor. Untuk acara apresiasi, pihak HRD bisa memberikan penghargaan bagi karyawan yang dinilai mengenakan motif batik terbaik.

6. Galang Donasi untuk Orang-Orang Tidak Mampu

Di lingkunganmu, pasti ada keluarga yang terdampak oleh kebijakan di rumah saja. Mereka yang berpenghasilan harian atau tidak tetap, rentan mengalami masalah ekonomi di situasi ini. Para milenialis dapat menggalang donasi bagi keluarga-keluarga yang demikian.

Siapa yang akan menerima donasi dapat ditanyakan kepada pengurus RT lokasi sasaran atau jika kamu aktif dalam organisasi keagamaan, kamu juga dapat mencari tahu umat yang memerlukan bantuan kepada pengurus organisasi keagamaan tersebut.

7. Diskusi Inspirasi Perjuangan Kartini

Cara selanjutnya untuk merayakan Hari Kartini di Kantor ialah dengan mengadakan acara diskusi terkait perjuangan Kartini. Menggelar ajang diskusi dengan menghadirkan pembicara yang inspiratif ini bisa menjadi topik yang menarik.

Terutama jika kamu adalah orang yang gemar belajar dan senang mendapatkan ide dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Acara seperti ini juga bisa menjadi ajang lepas rindu bagi para pekerja yang gemar berdebat dan diskusi. 

Nah, itulah sejumlah cara untuk merayakan Hari Kartini di Kantor yang bisa kamu isi dengan sejumlah kegiatan seru. Jadi, gimana nih kamu mau coba yang mana?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru