Siaga! 4 Tanda Bencana Gempa Bumi Ini Jangan Disepelekan

Resa Azzahra 0 Komentar

Gempa bumi merupakan bencana alam yang cukup sering terjadi. Maka, mari ketahui tanda bencana gempa bumi sebagai upaya perlindungan diri!

INDIFFS.COM – Waktu terjadinya gempa bumi tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Namun, terdapat tanda sebelum gempa bumi menggoncang. Bencana alam sendiri tak hanya memakan banyak korban serta melenyapkan harta benda. Tetapi, meninggalkan banyak luka dan trauma mendalam bagi orang-orang yang berhasil selamat.

Karena itu, mempelajari dan waspada tentang tanda gempa datang ialah hal yang bijaksana. Hal ini juga bisa menjadi upaya pencegahan dari bahayanya bencana alam yang terjadi. Untuk mengetahuinya, simak beberapa informasi berikut ini:

Tanda Bencana Gempa Bumi

Mempelajari tanda gempa bumi bisa jadi berguna agar kota dapat mengantisipasi bahaya gempa bumi dan tidak panik. Berikut ini tanda-tanda saat akan terjadi gempa bumi:

1. Perhatikan Langit

Perhatikan langit, jika awan berbentuk seperti angin tornado, pohon, tangkal atau memiliki bentuk berdiri, itulah awan gempa yang umumnya muncul sebelum gempa terjadi. Awan tersebut muncul karena gelombang elektromagnetik, dengan kekuatan besar berasal dari patahan atau pergeseran lempeng bumi. Perlu diingat, awan semacam itu tidak selamanya memiliki artian akan ada gempa, yang bisa saja memang memiliki bentuk semacam itu.

2. Cek Peralatan Elektronik

Jika peralatan elektronik mengalami gangguan tidak wajar sebelum gempa bumi, seperti lampu neon redup atau televisi bersuara aneh. Hal tersebut bisa menjadi kemungkinan sedang ada gelombang elektromagnetik sebelum gempa. Coba matikan saluran listrik, cek apa lampu tetap menyala redup/remang-remang walau tidak ada arus listrik. Jika iya, berarti gelombang elektromagnetik hebat sedang terjadi.

3. Lihat Hewan Sekitar

Lihat dan perhatikan tingkah hewan disekitar, beberapa hewan mungkin gelisah atau menyelamatkan diri, berlaku aneh dan berlari ketika merasakan goncangan gempa bumi. Pasalnya, hewan memiliki insting tajam dan dapat merasakan gelombang elektromagnetik.

4. Adanya Cahaya Gempa

Cahaya gempa akan muncul sekilas, beberapa dari cahayanya terlihat misterius. Kilatan langka tersebut disebabkan oleh sifat listrik batuan, seperti batuan basal dan gabbrol yang mempunyai cacar kecil dalam kristal nya. Kilatan atau cahaya aneh tersebut dijuluki petir gempa.

Petir gempa umumnya, memiliki warna kebiruan yng tampak kelar dari dalam tanah. Kemudian melayang ke udara selama puluhan detik atau hitungan minat, kilatannya bisa merentang sampai 200 meter. Air tanah pun akan menyurut secara tiba-tiba, tak seperti biasanya merupakan salah satu ciri atau tandanya.

Ketika mengetahui beberapa ciri tanda tersebut, sebaiknya lakukan cara antisipasi hadapi bencana gempa bumi. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan kita sebagai upaya penyelamatan diri dari bencana alam yang tak dapat terprediksi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru