Sipon, Istri Aktivis Wiji Thukul Dikabarkan Meninggal Dunia

Dini NHaH 0 Komentar

Dyah Sujirah atau Sipon, istri penyair Wiji Thukul meninggal dunia pada Kamis, 5 Januari 2023 siang di kediamannya, di Surakarta atau Solo.

INDIFFS.COM – Dyah Sujirah atau Sipon, istri penyair Wiji Thukul meninggal dunia pada Kamis, 5 Januari 2023 siang di kediamannya, di Surakarta atau Solo. Direktur Eksekutif Migrant Care, Wahyu Susilo mengabarkan informasi tersebut lewat akun Instagramnya.

Di halaman Instagramnya, Wahyu mengunggah foto kakak iparnya bersama abangnya, Wiji Thukul, korban penculikan 1998, yang hingga kini belum ditemukan jasadnya. “Sugeng tindak Mbak Pon. Semoga ketemu Kangmas Thukul. Fajar Merah dan Nganthi Wani tabah ya,” tulis Direktur Eksekutif Migrant Care itu, dua jam lalu.

Sebagaimana diketahui, Sipon merupakan istri penyair Wiji Thukul. Keduanya dikaruniai dua anak, Fajar Merah dan Nganthi Wani. Sipon dan Thukul sama-sama buruh pabrik.

Wiji Thukul merupakan penyair yang terkenal karena puisinya sarat kritik terhadap pemerintahan dan juga kondisi sosial pada masa Orde Baru.

Puisi yang dibuat oleh laki-laki kelahiran 1963 tersebut membuat penguasa saat itu gerah dan Wiji Thukul menjadi satu dari sekian banyak aktivis yang diburu pada pengujung dekade 90.

Film ‘Istirahatlah Kata-kata’ mengisahkan Wiji selama pelarian di akhir masa pemerintahan Presiden Soeharto pada 1998. Dalam pelariannya itu, Wiji terpaksa harus meninggalkan istrinya Sipon dan kedua anaknya, Fitri Nganthi Wani dan Fajar Merah.

Sipon jugalah orang yang terus mendukung kegiatan suaminya itu sebagai aktivis dan penyair. Hingga pada 1998 atau mendekati detik-detik reformasi, Wiji justru hilang yang hingga kini tak ada yang tahu ke mana hilangnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru