Stop! Hindari 7 Kebiasaan ini yang Bisa Membuat IQ Mu Menurun

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Hindari beberapa kebiasaan berikut yang bisa membuat IQ kamu Menurun. Bahkan tanpa disadari kamu sering melakukan kebiasaan ini.

INDIFFS.COM – Setiap orang tentunya memiliki kebiasaan yang berbeda, dan ini tidak bisa disamakan. Karena memang pasalnya, kebiasaan ini diyakini dapat memberikan kenyamanan dalam menjalankannya. Namun, tanpa disadari kebiasaan yang sering kamu lakukan bisa membuat IQ kamu menurun.

Ya, IQ  atau intelligence quotient ini merupakan gambaran dari kemampuan orang dalam berpikir, mengingat, memahami, mengolah, bertindak dan mengevaluasi, yang terbentuk atas proses belajar serta pengalaman hidup.

IQ juga sering dikaitkan dengan suatu penilaian akal praktis, kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan dan berpikir rasional. Banyak orang mendambakan memiliki skor IQ yang tinggi. Sebab, tes IQ banyak digunakan untuk penempatan pendidikan maupun tes masuk kerja.

Itulah mengapa seseorang selalu menginginkan IQ yang tinggi. Namun, sering tidak disadari bahwa kebisaan yang dilakukan sehari-hari bisa membuat kecerdasan IQ kamu menurun.

Lantas apa saja kebiasaan yang bisa membuat IQ menurun? Untuk itu, simak artikel berikut ini!

1. Sering Stres

Stres ini mungkin kerap terjadi pada sebagian orang, tentunya stres merupakan salah satu kebiasaan yang sebenarnya buruk. Adapun stres sendiri bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari disebabkan oleh keuangan, pekerjaan, hingga kehidupan sosial.

Selain dapat menurunkan fungsi otak, stres juga dapat meningkatkan risiko terkena alzheimer. Tak hanya itu, perubahan hormon yang terkait dengan stres diyakini dapat menurunkan skor IQ.

2. Multitasking

Kemampuan seseorang dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan secara sekaligus ini memang sangat efektif dilakukan. Apalagi dengan Multitasking seseorang mampu mengerjakan pekerjaannya dua kali lebih cepat.

Namun, nyatanya jika ini dilakukan secara terus-menerus, tentunya akan mengurangi kefokusan dalam otak. Artinya kecerdasan kamu bisa menurun, akibat melakukan multitasking ini.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang dilakukan ahli saraf dari Massachusetts Institute of Technology, Earl Miller, didapati bahwa otak ternyata tidak dibuat untuk multitasking. Itulah mengapa dengan cara ini sangat tidak baik untuk kecerdasan otak seseorang.

3. Membiarkan Berat Badan Berlebih

Memakan makanan yang disukai memanglah hal yang wajar, asalkan jangan berlebihan. Apalagi membuat berat badan bertambah akibat terlalu banyak makan makanan yang disukai. Tentunya hal ini sebaiknya di hindari, terlebih jika membiarkan berat badan berlebih.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan, kelebihan berat badan pada paruh baya dapat mengakibatkan penurunan kinerja kognitif. Sehingga dalam studi klinis, kelebihan berat badan terbukti memengaruhi memori jangka pendek. Tentunya ini akan membuat kecerdasan otak menurun.

4. Mengonsumsi Makanan yang Manis

Memakan makanan atau minuman yang lebih bukan hanya membuat berat badan bertambah. Melainkan kecerdasan otak akan menurun, apalagi makanan yang manis. Tentunya bagi seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang manis, sebaiknya dihindari.

Karena konsumsi makanan manis ini dapat menurunkan fungsi kognitif otak, dan bisa membuat IQ mu menurun. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian pada hewan dari University of Southern California. Kebanyakan mengonsumsi gula juga mempengaruhi fungsi sel otak dan kemampuan kognitif.

5. Merokok

Kebiasaan selanjutnya yang bisa menurunkan kecerdasan seseorang ialah sering terpapar asap rokok. Hal ini mungkin menjadi catatan bagi para perokok maupun non-perokok. Paparan asap yang terlalu lama dapat meningkatkan kadar karbon monoksida dalam tubuh, yang menggantikan oksigen.

Kerusakan pembuluh darah dan otak dapat mengganggu kemampuan sel-sel otak untuk berkomunikasi secara efektif dan menyimpan informasi dengan baik. Hal ini karena asap rokok membawa zat beracun untuk otak.

6. Sering Kurang Tidur

Kualitas tidur yang baik sangat mempengaruhi kesehatan seseorang, baik fisik maupun non-fisik. Itulah mengapa kualitas tidur seseorang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jika kualitas tidur buruk atau dalam artian sering kurang tidur, tentu ini akan berakibat buruk bagi tubuh, apalagi otak.

Bahkan studi menunjukkan, tidur yang berkualitas membuat kemampuan belajar seseorang menjadi lebih baik. Waktu istirahat yang cukup membuat seseorang lebih mudah untuk memahami sesuatu dan menyimpan informasi.

7. Sering Menonton TV

Siapa sih yang tidak pernah menyaksikan TV? tentunya setiap orang pernah menyaksikan tayangan televisi ini. Memang hal yang wajar jika seseorang menyaksikan televisi. Namun, jika terlalu sering tentunya ini akan memberikan dampak buruk, dimana ini bisa menurunkan kecerdasan seseorang.

Mengutip dari Exploring Your Mind, kebiasaan terlalu sering menonton televisi bisa menurunkan tingkat kecerdasan. Bukan hanya membuat kamu menjadi pribadi yang pasif, namun menonton TV juga membuat otak seolah ‘mati rasa’.

8. Minum Alkohol

Kebiasaan meminum alkohol yang berlebih ini merupakan kebiasaan yang buruk. Apalagi jika minum alkohol dijadikan sebagai asupan sehari-hari, tentunya ini menjadi hal yang negatif.

Bahkan meminum alkohol secara berlebihan akan mengakibatkan penurunan volume otak, gangguan metabolisme, dan gangguan neurotransmitter yang mana berfungsi untuk berkomunikasi.

Selain itu, kebiasaan minum berat yang disebut dengan ‘binge drinking‘ bisa menyebabkan seseorang menginterpretasi emosi orang lain secara berbeda. Misalnya, orang-orang ini tidak cukup sensitif memahami wajah sedih dan lebih peka terhadap ekspresi marah.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan kecerdasan atau IQ seseorang. Tentunya jika kebiasaan tersebut terus terang dilakukan secara sengaja ini bisa mempengaruhi kognitif otak.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru