Surat Istimewa Dalam Al Quran, Memiliki Keutamaan Yang Luar Biasa

Wiwin Indriani 0 Komentar

Ada beberapa surat yang perlu kita ketahui mengenai surat istimewa dalam Al Quran dari total 144 surat yang ada.

IndiffsAl Quran merupakan pedoman hidup bagi setiap kaum muslim. Kitab ini diturunkan secara berangsur-angsur sejak tahun 610 Masehi di Kota Mekah dan Madinah selama 23 tahun, dimulai sejak tanggal 17 Ramahdan hingga Nabi Muhammad berumur 40 tahun dan wafat pada tahun 632 Masehi. Dari 114 surat yang ada dalam Al Quran, terdapat beberapa surat yang istimewa. 

Surat Istimewa

Al Quran terbagi ke dalam beberapa surat dan setiap suratnya terbagi ke dalam beberapa ayat. Dari beberapa surat tersebut, berikut surat istimewa dalam Al Quran:

1. Surat Al Mulk

Surat ini menjelaskan tentang kebesaran Allah SWT dengan contoh-contoh dari alam semesta yang luas merupakan ciptaan-Nya. Surat Al Mulk menjadi surat yang istimewa dalam Al Quran.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Di dalam Al-Qur’an ada satu surat yang jumlahnya hanya tiga puluh ayat. Itu membela siapa pun yang membacanya, sampai memasukkannya ke surga yaitu Surah al Mulk” [Fath al Qadir 5/257, Sahihul Jamiea 1/680, Tabrani dalam Al-Awsat & Ibn Mardawaith] ·

Selain itu, membaca surat Al Mulk setiap malam atau menjelang tidur dapat terhindar dari siksa kubur. Seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh an Nasa’i berikut ini,

أخبرنا عبيد الله بن عبد الكريم وقال حدثنا محمد بن عبيد الله أبو ثابت المدني قال حدثنا بن أبي حازم عن سهيل بن أبي صالح عن عرفجة بن عبد الواحد عن عاصم بن أبي النجود عن زر عن عبد الله بن مسعود قال : من قرأ { تبارك الذي بيده الملك } كل ليلة منعه الله بها من عذاب القبر وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم نسميها المانعة وإنها في كتاب الله سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب

Telah menceritakan pada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim. Ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin ‘Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari ‘Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barang siapa membaca “Tabaraokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “Al-Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam, maka dia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim).

2. Surat Al Waqi’ah

Surat Al Waqi’ah dikenal memiliki banyak keutamaan yaitu menghindarkan kita dari sikap lalai, menjauhkan diri dari kefakiran, serta menjaga kita dari kemiskinan. Allah akan menjaga kita dari berbagai kemiskinan, kemelaratan serta kesusahan. Dengan membaca surat ini secara rutin, maka segala kesulitan kita akan hilang.

3. Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman menjelaskan tentang kehidupan surga dan neraka. Surat Ar Rahman juga menunjukkan segala kenikmatan yang bisa didapatkan oleh manusia. Surat yang ada pada juz 27 ini membuat kita senantiasa bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Allah. Jika kita membacanya, insya Allah akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat, serta diridhoi oleh Allah atas nikmat apapun yang diberikan untuk kita.

4. Surat Yasin

Surat Yasin disebut juga jantung atau hatinya Al Qur’an. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya, segala sesuatu memiliki hati, dan hati Quran adalah Yasin. Saya ingin bahwa itu harus ada di hati setiap orang yang beriman dari umat saya.” Nabi Suci (SAW) telah menghitung banyak manfaat dari membaca Surah Yasin. Seseorang yang membaca Surah Yasin tetap dalam perlindungan Allah SWT.

Beberapa keutamaan bagi yang rutin membacanya diampuni oleh Allah SWT dosa-dosanya, segala urusan yang dipermudah berbagai urusannya, dan keinginan yang dikabulkan. Selain itu, siapa saja yang rutin membaca surat Yasin insya Allah sakaratul mautnya akan dipermudah, dianggap mati syahid, terhindar dari siksa kubur hingga mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.

5. Surat Al Kahfi

Al Kahfi artinya gua, surat ini memiliki 110 ayat. Surat Al Kahfi mengkisahkan tujuh orang pemuda yang bersembunyi dalam gua untuk berlindung. Sangat dianjurkan untuk membaca Surat Al Kahfi setiap Kamis atau malam Jumat. Dengan membaca surat ini, insya Allah kita bisa terjaga dari fitnah dajjal. Selain itu, rumah kita dilindungi dari berbagai gangguan serta mendapatkan cahaya (petunjuk) sejauh kita dengan ka’bah serta menerangi kita saat hari kiamat.

Demikianlah beberapa surat istimewa dalam Al Quran yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru