Syarat Wudhu yang Perlu Dipenuhi Agar Shalat Sah

Dini NHaH 0 Komentar

Syarat wudhu ini perlu diketahu bagi umat muslim, karena jika tidak memenuhi syarat wudhu ini maka wudhu yang dilaksanakan tidak sah.

indiffsSyarat Wudhu merupakan salah satu hal yang menjadi syarat seseorang melakukan wudhu. Jika wudhu seseorang sempurna dan sesuai tuntunan syaruat maka shalatnya pun akan sah.

Ketika hendak melakukan kegiatan ibadah baik shalat maupun membaca Al-Qur’an wajib mensucikan diri dengan berwudhu. Namun, hal lain dalam pelaksanaan wudhu ada sejumlah syarat wajib wudhu yang perlu mendapat perhatian.

1. Beragama Islam

Menurut pendapat Imam Nawawi, wudhu merupakan ibadah badaniyah ehingga secara jasmani, orang yang beragama Islam yang boleh dan sah melakukan syarat wudhu.

2. Tidak Berhadas Besar

Jika berhadas besar, maka hendaknya hadas tersebut dibersihkan dulu dengan mandi, kemudian melaksanakan wudhu.

3. Wudhu dengan Air Suci dan Mensucikan

Tidak semua jenis air dapat digunakan untuk berwudhu, melainkan hanya air yang suci dan mensucikan.

Air yang mensucikan merupakan air yang bersumber dari air hujan atau keluar dari bumi, dan belum pernah digunakan untuk bersuci sebelumnya.

Sedikitnya ada 7 macam air yang bisa digunakan sebagai wudhu diantaranya yaitu air hujan, air laut, air sumur, air sungai, air salju, air embun dan air telaga.

4. Tidak Ada Sesuatu yang Menghalangi Air Sampai ke Anggota Wudhu

Jika anggota tubuh tertutup sesuatu seperti getah, kutek, dan cat maka harus dibersihkan terlebih dahulu, sebagai syarat wudhu.

5. Mengetahui Wajib Fardhu Wudhu

Fardhu wudhu ada 6 yakni niat, membasuh wajah, membasuh kedua tangan, menggusaap kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki dan tertib.

6. Mengetahui Sunnah Wudhu

Sunnah wudhu bukan bagian dari rukun wudhu, namun jika dikerjakan akan mendapatkan pahala.

Sunnah wudhu ada 10 yaitu bersiwak, membaca basmalah, berkumur-kumur, membasuh lubang hidung, menyapu seluruh rambut dengan air, mendahulukan anggota wudhu yang kanan dari pada yang kiri, menyapu kedua telinga luar dan dalam, membasuh, dan menyela-nyela jari-jari tangan daan kaki.

7. Bersih dari Haid dan Nifas

Seorang wanita yang sedang haid atau menstruasi tidak bisa melakukan wudhu serta shalat. Mereka juga dilarang shalat dan membaca ayat Al-Qur’an. Secara otomatis wudhu pun tidak perlu dikerjakan, apabila seorang wanita mengalami haid atau nifas.

8. Tamyiz

Tamyiz artinya dapat membedakan baik dan buruknya suatu pekerjaan.

Anak kecil dan orang gila yang melaksanakan syarat wudhu dianggap tidak sah, karena belum bisa membedakan hal yang baik dan buruk.

Demikianlah syarat wudhu yang perlu kamu ketahui sebelum menjalankan wudhu dan shalat, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru