Tak Disadari, Inilah Kebiasaan Buruk Penyebab Usus Buntu

Resa Azzahra 0 Komentar

Kebiasaan yang dapat menjadi penyebab Usus Buntu, harus kita waspadai dan dijaga kesehatan dengan menghindari beberapa kebiasaan ini.

Indiffs – Pernah mengalami gejala perut sakit yang bergerak dari atas pusar menuju sisi kanan bawah perut, muntah dan demam ringan. Jika mengalami satu atau beberapa gejala nya yang berlangsung lama. Sebaiknya jangan menghiraukan kondisi seperti ini. Apalagi mengkonsumsi mi instan dan daging asap yang berbahaya, karena adanya kandungan khas cynogen di dalamnya. Itu bisa menjadi kebiasaan penyebab terjadinya usus buntu.

Penyebab utama radang usus buntu adalah saat adanya benda kecil atau keras (fecaliths) yang menyumbat organ usus buntu (appendix) dan tidak bisa keluar. Benda yang menyumbat usus buntu bervariasi mulai dari kotoran, benda asing (sesuatu di dalam tubuh yang tidak seharusnya ada), atau sel kanker. Kemudian, penyumbatan juga dapat disebabkan oleh infeksi sehingga usus buntu dapat membengkak sebagai respons terhadap infeksi yang berada dalam tubuh tersebut

Untuk itu sebaiknya segera hindari beberapa kebiasaan dibawah ini:

1. Sering Makan Gorengan

Tidak hanya makanan yang dibakar, makanan yang digoreng juga memiliki kandungan zat karsinogen yang berbahaya. Alternatif yang lebih sehat adalah mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus. Oleh karena itu, kamu wajib mengurangi makan gorengan atau menghentikannya lalu ganti dengan makanan rebusan maupun kukus.

2. Jajan Sembarangan

Jajan sembarangan cenderung mengakibatkan berbagai penyebab penyakit. Karena kita tidak tau, makanan itu diolah dengan baik atau tidak. Dan salah satu dampaknya adalah radang usus buntu yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri, misalnya bakteri jenis Salmonella dan E. Coli, bisa hidup di makanan yang kurang higienis. Oleh sebab itu, jika kamu terbiasa jajan sembarangan, radang usus buntu jadi lebih mudah menyerang.

3. Sering Menahan Kentut

Kebiasaan yang sepele ini dapat memicu radang usus buntu. Hal ini karena saat gas berada dalam saluran pencernaan menjadi tertahan. Akibatnya, membuat dinding usus menjadi tipis sehingga risiko peradangan usus buntu menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, usahakan untuk segera mengeluarkan kentut.

4. Makan-makanan yang Dibakar

Makanan yang dibakar mungkin memang nikmat dimakan bersama sambal. Namun hal ini tidak baik, sambal yang bisa menimbulkan gangguan pencernaan, makanan yang dibakar akan menyebabkan munculnya penyakit usus buntu dan pastinya akan membuat beberapa sisi makanan menjadi hitam dan berbahaya. Makanan tersebut juga mengandung zat karsinogen yang bisa memicu munculnya kanker dan usus buntu

5. Makan Daging Kalengan

Faktanya, bermacam jenis daging instan di supermarket juga merupakan pilihan yang buruk untuk dikonsumsi setiap hari. Di dalam daging kaleng tersebut terdapat kandungan zat karsinogen. Kandungan tersebut bisa menjadi penyebab usus buntu. Dan lebih ngasap, salami hotdog nugget dan sosis adalah dagingnya kurang sehat begitu.

Dan itulah kebiasaan yang dapat menjadi penyebab Usus Buntu yang harus kita waspadai dan dijaga kesehatan dengan menghindari beberapa kebiasaan diatas.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru