Tak Hanya Sebagai Lalapan, Leunca Punya Manfaat Bagi Kesehatan!

Admin 0 Komentar

Leunca atau Ranti merupakan tumbuhan tahunan yang berumur pendek, tegak dan menyebar luas yang biasanya tumbuh setinggi 1-1,5 meter.

indiffs – Leunca merupakan sejenis tanaman buah yang masih berkerabat dengan terong. Leunca ini berasal dari wilayah Asia Barat, untuk kemudian menyebar ke sejumlah wilayah lainnya di Asia, termasuk Indonesia, bahkan sampai ke benua Amerika dan Eropa. Kini, leunca kerap dimanfaatkan sebagai komposisi lalapan, terutama pada masakan khas Sunda.

Secara tradisional, leunca juga banyak disebut-sebut digunakan sebagai obat pusing di Meksiko. Begitu pula di negeri China digunakan untuk mengurangi radang ginjal dan kandung kencing, serta sebagai anti diare.

Disamping penggunaannya sebagai ramuan tradisional, beberapa studi ilmiah menunjukkan bahwa leunca memiliki aktivitas anti ulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat, dan sebagai agen anti neoplastik serta memiliki peran sitoprotektif melawan kerusakan sel ginjal.

Walaupun buah ini memiliki dimensi yang kecil, tetapi buah ini juga mempunyai nilai gizi yang besar. Serta mempunyai isi nutrisi semacam Kalsium, Solasodin, Samak, Saponin, Antropin, Diosgenin, Titogenun, Minyak Semak serta Zat Semak. Zat-zat tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan badan manusia.

Berikut ini adalah manfaat leunca bagi kesehatan:

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hal ini tentu saja membuat tubuh terhindar dari yang namanya kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi). Sebagaimana yang diketahui, bahwa salah satu penyebab hipertensi adalah tidak lancarnya aliran darah di dalam tubuh.

2. Menyembuhkan Demam

Solanum terdiri dari fosfor, vitamin A, C dan Vit B, zat besi, kalsium dan zat gizi mikro lainnya. Orang yang menderita panas tubuh bisa makan daun dari leunca hitam yang dimasak untuk menenangkan panas tubuh dan mampu mengatasi demam dengan baik.

3. Menyembuhkan Mata Kering

Walaupun buah ini hanya dijadikan sebagai santapan pasangan di Indonesia, tetapi juga bisa membantu menanggulangi mata kering apabila dimakan dalam jatah yang seperlunya tiap hari.

4. Mengoptimalkan Fungsi Ginjal

Dikatakan bahwa kandungan antioksidan dalam buah ini memicu manfaat kesehatan ginjal untuk kesehatan ginjal. Antioksidan ini melindungi ginjal dari kerusakan sel-sel di dalamnua, sehingga fungsi ginjal dapat berfungsi secara optimal saat menyaring dan menghilangkan sisa makanan.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Selain vitamin A, buah ini juga mengandung vitamin C. Hal ini lantas menghasilkan manfaat buah ini yang berkaitan dengan fungsi vitamin C, salah satu yang paling utama yakni merawat kesehatan kulit.

Nah itu dia beberapa manfaat buah leunca bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu.

 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru