Tambang Batu Bara Sawahlunto Meledak, Tewaskan 6 Pekerja

Admin 0 Komentar

Tambang batu bara Sawahlunto dikabarkan meledak, Jumat (09/12/2022). Sejumlah pekerja tambang dilaporkan menjadi korban dan masih tertimbun.

INDIFFS.COM – Tambang batu bara di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, dikabarkan meledak hari ini, Jumat (09/12/2022). Sejumlah pekerja tambang dilaporkan menjadi korban dan masih tertimbun.

Kepala Dinas ESDM Sumatera Barat, Heri Martinus mengkonfirmasi kabar tersebut. “Saya mendapat kabar dari Inspektur Tambang Kementrian ESDM. Informasinya memang benar dan beliau mengkonfirmasikan kepada saya. Ada ledakan tambang di Sawahlunto,” ujar Heri, Jumat (9/12/2022).

Ledakan terjadi saat pekerja sedang bekerja di dalam lubang tambang milik sebuah perusahaan swasta itu sekitar pukul 08.30 WIB. Dimana ledakan tersebut disertai oleh asap.

Akibatnya sebanyak 6 orang meninggal dunia. Rumainur juga mengatakan dua korban lainnya selamat. Namun keduanya dinyatakan mengalami luka bakar.

“Sampai siang ini sudah ada delapan korban yang berhasil ditemukan dan dievakuasi. Enam meninggal,” kata Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, Jumat (9/12/2022).

Tambang batu bara di Sawahlunto diduga meledak akibat tingginya gas metana (hidrokarbon paling sederhana yang berbentuk gas dengan rumus kimia CH4) di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (9/12/2022).

“Prakiraan awal, ledakan di tambang ini disebabkan oleh tingginya kadar gas Metana atau Hidrokarbon (CH4),” kata Octavianto.

Ia menjelaskan ledakan ini terjadi tepatnya di lubang SD C2 (Lori 2) di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto.

Hingga saat ini, tim masih menyisir lokasi kejadian untuk mencari korban lain yang kemungkinan masih tertimbun.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru