Tanda, Kelebihan Dan Kekurangan Dari Tipe Kepribadian INFP

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Inilah tanda, kelebihan dan kekurangan seseorang yang memiliki kepribadian INFP, sifat pendiamnya akan hilang ketika memecahkan masalah.

INDIFFS.COM – Mungkin sebagian dari kamu sedikit mengetahui apa sebenarnya itu INFP. Karena memang istilah ini sering dikaitkan dengan tipe kepribadian seseorang. Lain dari pada itu, ternyata ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada orang yang memiliki kepribadian INFP ini.

Namun, sebelum itu perlu diketahui dulu apa sebenarnya itu INFP. INFP memiliki kepanjangan dari introvert, intuition, feeling, dan perception. Ini artinya sama dengan introvert, intuisi, perasaan, dan persepsi. Istilah INFP ini sering dikaitkan pada seseorang yang memiliki kepribadian yang cenderung tertutup, idealis, kreatif, dan didorong oleh nilai-nilai yang tinggi.

Hal ini semata-mata, karena ia yang berkepribadian INFP ini memiliki keinginan yang kuat untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik bagi semua. Ia juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi orang-orang di sekitarnya. Selain itu, dalam beberapa kesempatan, ketika mengambil keputusan, ia akan berpegang teguh pada prinsip yang ia bawa.

Memang seseorang yang memiliki kepribadian ini cenderung introvert, namun ia memiliki rasa kemanusiaan yang cukup tinggi. Bahkan ia selalu siap menjadi pendengar bagi teman-temannya, dan peka ketika sahabatnya sedang mendapati sebuah perkara.

Tanda Tanda Seseorang Memiliki Kepribadian INFP

Kenali beberapa tanda jika seseorang memiliki kepribadian INFP ini, karena bisa jadi kamu termasuk orangnya.

1. Cenderung Tertutup dan Memilih Teman Terdekat

Seseorang yang memiliki kepribadian INFP ini memiliki kecenderuangan tertutup dan kurang menyukai keramaian. Meski begitu, seseorang INFP ini tetap suka berkumpul bersama teman dekat atau pun keluarga.

2. Sering Mengandalkan Intuisi

Intuisi merupakan gagasan atau ide yang hadir berdasarkan naluri tanpa melibatkan pikiran atau pertimbangan yang logis. Bagi mereka yang memiliki kepribadian INFP ini, selalu mengandalkan perasaannya. Serta menyatakan bahwa segala pertanda dan perasaan bisa menjadi petunjuk atas segala hal.

3. Cenderung Pendiam

Memang seseorang yang memiliki tipe kepribadian INFP ini cenderung pendiam. Namun, bukan berarti mereka pemalu dan tidak mau bergaul. Justru ia lebih suka berinteraksi dengan teman dekatnya atau menyendiri karena interaksi sosial dapat membuatnya merasa lelah.

4. Pandai Menjadi Mediator

Meskipun seseorang berkepribadiannya pendiam, namun ia pandai menjadi mediator atau mampu menyelesaikan masalah orang lain. Hal ini karena, ia tidak menyukai konflik, hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk menyelesaikan kedua belah pihak.

5. Sensitif dan Sering Merasakan Emosi dengan Dalam

Seseorang yang memiliki kepribadian INFP ini lebih dikenal dengan orang yang memiliki pribadi yang baik hati dan lembut. Ia juga sangat sensitif dan mudah terbawa perasaan terhadap sesuatu yang terjadi.

Hal nya seperti hewan peliharaannya jatuh sakit, tentunya ia akan merasa sedih dan ikut merasakannya.

6. Mudah Menebak Perasaan Orang Lain

Rasa sensitifnya ia yang memiliki pribadi INFP, sampai-sampai ia mampu menebak perasaan orang lain. Rasa sensitivitasnya yang tinggi ini lah, sehingga ia dikenal sebagai orang yang dapat menebak isi hati orang lain.

Meskipun hal ini dapat membantu orang lain untuk lebih memahami sesuatu, tetapi terkadang ini juga menjadi bumerang di berbagai situasi.

7. Menempatkan Prinsip Menjadi Hal Utama

Ciri selanjutnya yang biasa terjadi pada seseorang yang memiliki karakter INFP ini ialah selalu menempatkan prinsipnya. Ia menempatkan prinsip dan nilai yang dipegang sebagai landasan kehidupan. Namun, ternyata menjadi terlalu yang idealis dapat menyulitkannya di saat ia menjalani hidupnya.

Kelebihan INFP

Setiap kepribadian tentunya memiliki kelebihan masing-masing, termasuk seseorang yang memilik kepribadian INFP ini. Berikut beberapa kelebihan bagi seseorang yang berkepribadian INFP:

  • Berempati tinggi.
  • Peduli dengan orang lain.
  • Setia dan menyayangi sahabat.
  • Tidak suka menyakiti siapa pun.
  • Peka terhadap perasaan orang lain
  • Cukup mudah fokus.
  • Mandiri.
  • Terencana dan memikirkan jangka panjang.
  • Suka membantu orang lain.
  • Suka berimajinasi.
  • Memiliki kepribadian yang sangat loyal.
  • Sangat menghargai dan menjaga hubungan dekat.

Kekurangan INFP

Dibalik kelebihannya, ternyata ada beberapa kekurangan yang ada pada seseorang yang berkepribadian INFP, diantaranya:

  • Sensitif dan terkadang mudah tersinggung.
  • Kurang peduli dengan sendiri karena terlalu sering mengutamakan orang lain.
  • Sering melewatkan hal kecil.
  • Perlu waktu yang lama untuk membuat keputusan.
  • Terlalu idealis.
  • Cukup mudah merasa lelah karena ingin menjadi mediator saat ada konflik atau selalu ingin membuat orang senang.
  • Sulit dipahami.

Demikian beberapa penjelasan mengenai INFP, ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian tersebut, serta kelebihan dan kekurangan nya. Semoga ini dapat membantu kamu yang terkadang bingung, terhadap kepribadian seseorang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru