Tanda-Tanda OCD, Ternyata Terlihat Dari Perilaku Sehari-hari!

Resa Azzahra 0 Komentar

Tanda-tanda OCD atau Obsessive Compulsive Disorder dapat kita pahami dari perilaku sehari-hari, salah satunya yakni ditandai dengan kecemasan

INDIFFS.COM – OCD atau Obsessive Compulsive Disorder adalah gangguan bersifat kronis, membuat seseorang memiliki pikiran-pikiran (obsesi) yang sulit dikendalikan dan berulang. Tanda-tanda OCD bisa dilihat dari kepribadian yang ditandai dengan kecemasan.

Salah satu gejala OCD adalah ketakutan terhadap kuman. OCD adalah suatu gangguan yang cukup umum dan bersifat kronis, membuat seseorang memiliki pikiran-pikiran (obsesi) yang sulit dikendalikan dan berulang. Ini dapat terjadi pada wanita, laki-laki, maupun anak-anak sekalipun. Ada sejumlah faktor yang mungkin berperan dalam penyebab OCD, termasuk:

  1. Riwayat keluarga.
  2. Pengalaman pribadi di masa lalu.
  3. Seseorang yang mengalami depresi atau kecemasan berlebih juga berisiko terkena gangguan mental ini.
  4. Gangguan saraf pada otak.
  5. Kepribadian dalam diri.

Tanda-Tanda OCD (Obsessive-Compulsive Disorder)

Pengidap obsessive complusive disorder cenderung melakukan suatu hal secara berulang, seperti memeriksa jendela lebih dari tiga kali sebelum pergi keluar rumah, merapikan barang berdasarkan warna dll. Namun perilaku rapih dan teratur bukan berarti kamu mengidap OCD. Nah, agar kamu tidak salah mengira, cari tahu tanda obsessive complusive disorder di sini, yuk!

  1. Menyukai Keteraturan Berlebih, selalu memperapitkan sesuatu yang berantakan secara berlebihan. Dengan memeriksa ulang atau menghitung jumlah langkah, mengumpulkan benda sesuai dengan jumlah yang diinginkan. ia juga cenderung Terganisir dengan merapihkan sebuah objek sesuai dengan warna, bentuk dan jumlah.
  2. Pengidap juga cenderung takut dengan kotoran. Menjadi seorang yang higienis memang tidak salah. Namun jika perilaku ini sudah membuatmu merasa terancam hanya karena hal kecil, maka perlu diwapadai. Misalnya dengan mencuci tangan terus menerus dan selalu memastikan bahwa semua dalam keadaan bersih hingga membersihkan nya secara berulang. 
  3. Takut disalahkan dan takut salah dengan menghindari sesuatu karena takut melakukan salah. Ia juga cenderung khawatir jika sesuatu yang buruk terjadi padanya. Sering berpikir negatif karena memikirkan kemungkinan terburuk yang terjadi.
  4. Sering berpikir untuk menyakiti diri sendiri bahkan orang lain. Pikiran negatif itu disebut sebagai kompulsi agrasif, kerap muncul dan dikhawatirkan benar-benar dilakukan. Pengidap bisa saja berpikir untuk melompat keluar jendela atau mendorong orang lain. Pikiran itu cenderung akan ia lakukan.

Demikianlah tanda-tanda OCD yang mungkin perlu kita pahami. Semoga dapat membantu dan bermanfaat ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru