Tanda-Tanda Penyakit Emfisema Yang Jarang Diketahui!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Emfisema merupakan penyakit pada paru-paru yang biasanya berkembang setelah bertahun-tahun merokok. Terdapat tanda emfisema yaitu berikut

INDIFFS.COMEmfisema adalah penyakit pada paru-paru yang biasanya berkembang setelah bertahun-tahun merokok. Penyakit ini, termasuk dalam kelompok penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Emfisema tingkat awal hanya menimbulkan tanda ringan atau bahkan tidak ada sama sekali.

Penyebab utama dari emfisema adalah terlalu sering terpapar iritasi udara secara jangka panjang seperti asap rokok, merokok yang menggunakan ganja, polusi udara, asap kimia dan debu. Walaupun jarang, emfisema dapat disebabkan oleh kekurangan protein bawaan yang melindungi struktur elastis di jaringan paru-paru. Ini disebut emfisema karena defisiensi alpha-1-antitrypsin.

Faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini yaitu kebiasaan merokok, berusia lanjut pada kiasaran 40 sampai 60 tahun, terpapar asap rokok orang lain, di tempat kerja atau terpapar polusi di dalam ruangan maupun di luar.

Tanda Emfisema

Untuk beberapa kasus, seseorang yang menderita penyakit emfisema ini tidak menyadarinya. Tanda atau gejala yang Anda rasakan mungkin berbeda dengan orang lain. Beberapa tanda emfisema yang umum terjadi di antaranya yaitu berikut ini:

1. Napas Pendek

Dalam dunia medis, napas pendek dikenal juga dengan sebutan dispnea. Selain dikenal sebagai ciri PPOK, napas pendek juga merupakan gejala yang khas dari emfisema. Kondisi ini lebih mengacu pada sensasi sesak napas. Ini menyebabkan seseorang memiliki laju pernapasan lebih lambat atau lebih dalam, namun dangkal.

2. Batuk Terus-Menerus dan Mengi

Salah satu gejala yang muncul saat Anda memiliki emfisema adalah mengalami batuk dalam jangka panjang. Batuk yang dialami bisa berdahak ataupun tidak.

Kondisi ini merupakan gejala awal dari kerusakan alveoli karena produksi lendir meningkat. Itu sebabnya, tubuh mengeluarkan refleks alaminya dengan batuk.

Selain itu, orang dengan kondisi ini juga mengalami mengi. Mengi adalah bunyi yang keluar saat bernapas, kadang seperti siulan lirih. Mengi terjadi akibat menyempitnya saluran napas yang mengalirkan udara.

3. Bernapas Cepat

Kondisi ini berbeda dengan dispnea. Bernapas cepat dikenal dalam istilah medis sebagai takipnea. Ini terjadi akibat tingkat oksigen dalam darah terlalu rendah, sehingga merangsang seseorang untuk bernapas lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan oksigen.

4. Lemah

Kebanyakan orang dengan penyakit ini akan merasakan tubuhnya lemah. Ini lantaran asupan oksigen tidak terpenuhi. Akibatnya, mereka akan cenderung mengurangi aktivitasnya sedikit demi sedikit dari hari ke hari lantaran energi yang terus menurun.

5. Memiliki Barrel Chest

Selain gejala yang dirasakan pasien, jenis penyakit PPOK ini juga mengubah penampilan tubuh Anda, khususnya bagian dada. Orang dengan kondisi ini biasanya memiliki barrel chest, yaitu dada terlihat menonjol dan bundar. Ini merupakan gejala emfisema tahap lanjutan.

Tanda Emfisema Bila Sudah Semakin Parah

Apabila emfisema sudah semakin parah, gejala yang dapat ditimbulkan yaitu:

  • Penurunan nafsu makan yang mengakibatkan berat badan berkurang
  • Infeksi paru-paru yang berulang
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala di pagi hari
  • Jantung berdebar
  • Bibir dan kuku menjadi biru
  • Pembengkakan pada kaki
  • Kesulitan dalam berhubungan seks
  • Gangguan tidur
  • Depresi

Segera hubungi dokter apabila merasakan tanda atau gejala-gejala emfisema di atas. Penanganan dan pengobatan yang tepat dapat meminimalkan risiko komplikasi pada pengidapnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru