Teks Ceramah Singkat: Keutamaan Shalat Tarawih di Malam Ke-26

Azzahra 0 Komentar

Teks kultum ceramah sangat dibutuhkan ketika mengisi suatu pengajian walaupun shalat tarawih. Berikut ceramah: keutamaan shalat tarawih ke-26

INDIFFS.COM – Tak terasa, kita telah memasuki 10 hari atau hari-hari terakhir di bulan ramadhan. Yakni memasuki malam ke-26 pelaksanaan sholat tarawih. Ceramah kultum kali ini memiliki tema tentang keutamaan menjalankan shalat tarawih malam ke-26 di bulan Ramadhan.

Dinamai Shalat Tarawih, karena orang yang melaksanakan shalat sunnah di malam bulan Ramadhan beristirahat sejenak di antara dua kali salam. Setiap malam nya, shalat tarawih memiliki keutamaan dari amalan pertama ramadhan hingga malam ke 30 Ramadhan.

Berkaitan dengan hal tersebut, penting bagi umat islam yang ditugaskan untuk menyampaikan kultum materi ceramah. Ialah lebih mempersiapkan diri dengan menyusun teks kultum Ramadhan yang dapat disampaikan saat sholat tarawih pertama.

Mari kita simak ulasan teks ceramah tarawih malam ke-26. Semoga dapat menjadi panduan maupun sumber materi para da’i dan imam tarawih dalam menyampaikan materi ceramah dan kultum tarawih pada bulan ramadhan.

Teks Kultum Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke-25

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, para keluarga sahabat dan orang- orang tang tunduk lagi taat kepada beliau,

Saudaraku sekalian, bulan ramadhan yang penuh berkah tekah tiba dan alhamdulillah kita telah selesai melaksanakan sholat isya berjamaah, sebentar lagi kita akan melaksanakan shalat tarawih pada malam ke- 26 berjamaah.

Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang bisa dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan. Selain itu, pelaksananya pun memiliki keutamaan yang besar, di malam ini kita mendapatkan keutamaan. Seperti yang dijelaskan dalam kitab Durratun Nasihin, berikut ini bunyinya

وَفِى اللَّيْلَةِ السَّادِسَةِ وَاْلعِشْرِيْنَ يَرْفَعُ اللهُ لَهُ ثَوَابَهُ اَرْبَعِيْنَ عَامًا

Disebutkan bahwa artinya: Pada malam kedua puluh enam, Allah akan meningkatkan pahalanya selama empat puluh tahun.

Para hadirin yang dirahmati Allah.

Ternyata setiap kita melaksanakan shalat tarawih di setiap malamnya, begitu banyak keutamaan yang dapat kita rasakan dan dapatkan. Sungguh besar keutamaan tersebut. Keutamaan selanjutnya pun dijelaskan, dalam hadis Imam Bukhari dan Imam Muslim. Bahwa Rasulullah SAW Bersabda

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya “ Barangsiapa yang salat malam di bulan Ramadhan( sholat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa- dosanya yang telah lalu ”( HR. Bukhari dan Muslim) ”

Pertama kita telah mendapatkan pahala yang meningkat selama empat puluh tahun. Kedua kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Keutamaan ketiga pun disebutkan dalam sebuah Hadis lain, Nabi Muhammad SAW bersabda

 مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ( متفق عليه)

Artinya, “ Barang siapa melakukan shalat( Tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas( karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa- dosanya yang telah lalu. ”( Muttafaq ‘ Alaih).

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi setiap umat Muslim untuk terus memanfaatkan malam- malam Ramadhan dengan amalan yang penuh keutamaan. Seperti shalat tarawih, terutama pada malam ke- 25 dan setiap malam bulan Ramadhan.

Demikianlah penting nya bagi kita memanfaatkan bulan Ramadhan untuk meraih banyak keutamaan. Lewat adanya puasa bulan Ramadhan, semoga kita bisa termasuk golongan orang- orang yang jujur, adil dan amanat. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun- tahun sebelum. Wallahua’lam.

Akhirul kalam, mungkin sekian kultum dari saya. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian. Bilahiittaufiq wal hidayah wa ridlo wal inaya. Wassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh kultum ceramah Ramadhan yang dapat dijadikan sebagai referensi ceramah tarawih di malam ke-25. Ceramah tersebut bertemakan keutamaan melaksanakan shalat tarawih malam ke-26.  Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga bermanfaat bagi kita semua!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru