Teks Ceramah Tarawih: Ikhlas & Sabar Dalam Setiap Cobaan

Admin 0 Komentar

Teks Kultum Khutbah Ceramah Tarawih tema Ikhlas & Sabar Dalam Setiap Cobaan ini bisa jadi referensi di malam ke 13 maupun malam lainnya

INDIFFS.COM – Dalam mengisi kegiatan selama puasa Ramadhan, biasanya terdapat ceramah atau kultum yang dibacakan secara singkat setelah shalat tarawih. Kali ini tema Kultum ceramah shalat tarawih membahas mengenai Ikhlas dan Sabar.

Dengan menyiarkan materi kultum ceramah tarawih di bulan Ramadhan, tak hanya menyampaikan saja yang mendapatkan pahala, yang mendengarkan pun akan mendapatkannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, penting bagi kita selaku umat islam yang bertugas untuk menyampaikan ceramah kultum untuk  mempersiapkan diri dengan menyusun teks ceramah tarawih. Dengan begitu, teks bisa disampaikan saat shalat tarawih pertama.

Jika kamu ditunjuk sebagai pengisi kultum terawih. mari simak ulasan teks ceramah ini. Semoga dapat menjadi panduan maupun sumber materi para dai dan imam tarawih dalam menyampaikan materi ceramah serta kultum tarawih di bulan ramadhan ini.

Kultum Ceramah Tarawih Tema: Ikhlas dan Sabar

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Alhamdulillah wa syukurillah wa ni’matin fi syahril Ramadhan, Asyahdu alla illaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala sayyidina Muhammad.

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah memebrikan kita limpahan nikmat tak terkira hingga hari ini. Akhirnya kita dapat bertemu kembali di hari selanjutnya Bulan Ramadhan.

Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, para keluarga sahabat an orang-orang yang tunduk lagi taat kepada beliau. Melalui kesempatan di malam (…) Shalat tarawih. Izinkan saya untuk menyampaikan sebuah kultum singkat mengenai Ikhlas dan Sabar di bulan Ramadhan.

Hadirin yang dirahmati allah. 

Sabar dan ikhlas adalah hal yang perlu kita lakukan supaya ujian yang menimpa kita dapat menjadi pahala. Melakukan ikhlas dan sabar, maka cobaan hidup akan dapat kita maknai sebagai anugrah. Itulah yang dapat mengubah kita menjadi manusia yang lebih baik ke depannya.

Ikhlas adalah hal yang mudah untuk kita ucapkan. Namun tidak semua orang mampu menerapkan sikap ini dalam kehidupannya. Salah satu hal yang sulit dilakukan adalah ikhlas dalam menerima segala cobaan.

Di dunia ini tidak ada seorang pun dalam hidupnya tidak mendapatkan cobaan. Sekuat apapun kita menghindarinya, pada masanya nanti ujian akan selalu datang.

Dengan ikhlas serta sabar akan kehendak Allah SWT akan menjadi sumber kebahagiaan tersendiri bagi kehidupan di dunia dan akhirat kelak.

Ikhlas sendiri dalam bahasa Arab memiliki arti murni, jernih, atau tanpa campuran apa pun. Ikhlas dapat dimaknai kejujuran seorang hamba atas keyakinan dan perbuatan yang hanya mengharap rida Allah Swt.

Terdapat banyak dalil akhlak mulia Ikhlas dalam Al-Qur’an, salah satunya Surah An-Nisa ayat 146. Dalam surat tersebut, Allah Swt. menjelaskan pahala nan besar bagi orang-orang yang bersabar sebagai berikut:

 اِلَّا الَّذِيْنَ تَابُوْا وَاَصْلَحُوْا وَاعْتَصَمُوْا بِاللّٰهِ وَاَخْلَصُوْا دِيْنَهُمْ لِلّٰهِ فَاُولٰۤىِٕكَ مَعَ الْمُؤْمِنِيْنَۗ وَسَوْفَ يُؤْتِ اللّٰهُ الْمُؤْمِنِيْنَ اَجْرًا عَظِيْمًا ١٤٦

Artinya: “Kecuali orang-orang yang bertobat dan memperbaiki diri dan berpegang teguh pada [agama] Allah dan dengan tulus ikhlas [menjalankan] agama mereka karena Allah. Maka, mereka itu bersama-sama orang-orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan pahala yang besar kepada orang-orang yang beriman,”(QS. An-Nisa [4]: 146).

Sebagai manusia, kita mungkin merasa sulit untuk selalu ikhlas dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Akan tetapi, Kita harus melakukan semua ini semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT dan bukan karena ingin dipuji atau dihormati oleh orang lain.

Jangan pernah lelah untuk memiliki hati yang ikhlas dan sabar, Sebab, Allah SWT nantinya akan memberikan hadiah yang jauh lebih indah dibalik setiap cobaan yang kita hadapi.

Mungkin sekian kultum dari saya. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian. Akhirul kalam, Bilahiittaufiq wal hidayah wa ridlo wal inaya. Wassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh kultum Ramdhan tema ikhlas dan sabar yang dapat dijadikan sebagai referensi ceramah tarawih baik di malam 13 maupun malam lainnya. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru