Teks Materi Ceramah Kuliah Subuh Singkat: Keutamaan Sahur

Admin 0 Komentar

Berikut ini teks kultum Ceramah singkat bertemakan Keutamaan Sahur yang bisa digunakan sebagai ceramah tarawih dan kuliah subuh di bulan ini

INDIFFS.COM – Kali ini kita akan membahas teks ceramah kuliah subuh bertemakan Keutamaan Sahur yang bisa digunakan sebagai materi kuliah subuh (Kulsub). Sebab teks ceramah kuliah subuh diperlukan sebagai referensi untuk mereka yang ingin mengisi ceramah atau pun untuk para siswa mengisi jurnal Ramadhan.

Dengan tema “Keutamaan Sahur” kita dapat mengamalkannya untuk menjadi hamba yang lebih baik lagi. Tentunya perbuatan baik tersebut akan membantu kita dalam mendekatkan diri lebih jauh dengan Allah SWT.

Mengingat hal tersebut, kaum muslim dianjurkan untuk meningkatkan amal baik dan memperbanyak doa serta ibadah. Berikut ini teks ceramah tema “Keutamaan Sahur”:

Ceramah Kuliah Subuh Singkat Tema: Keutamaan Sahur

Assalamualaikum Wr Wb

Syukur Alhamdulillah kita panjatkan ke Hadirat Ilahi Rabbi, atas berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga kita mampu menjalankan segala apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya.

Shalawat beriring salam ke haribaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam semoga kita termasuk umatnya yang mendapatkan syafaat nantinya. Aamiin ya Rabbal‘Alamin.

Untuk mengisi kegiatan kuliah subuh (kulsub) kali ini, mari kita isi dengan menjelaskan mengenai Keutamaan Sahur di bulan Ramadhan. Terdapat bantak keutamaan makan sahur maupun berbuka puasa.

Menjadi Sunnah Rasulullah SAW yang menganjurkan umatnya agar makan sahur. Untuk mendapatkan keberkahan sahur, maka disunnahkan dengan mengakhiri makannya sebelum adzan subuh. Sahur tak hanya dapat mempersiapkan puasa seharian dari terbit fajar hingga terbenam nya matahari.

Keutamaan yang dapat kita peroleh jika makan sahur pun telah diriwayatkan dalam sebuah hadis Al-Bukhari dan Muslim. rasulullah SAW bersabda:

تَحْرُوْا فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةُ

Artinya: “Makan sahurlah kalian, sesungguhnya didalam sahur itu terdapat barakah.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Riwayat lain pun menegaskan mengenai keutamaan sahur. Nabi Muhammad SAW berkata:

اسْتَعِينُوا بِطَعَامِ السَّحُورِ عَلَى صِيَامِ النَّهَارِ وَبِقَيْلُوْلَةِ النَّهَارِ عَلَى قِيَامِ اللَّيْلِ

Artinya: “Bantulah (kekuatan fisikmu) untuk berpuasa di siang hari dengan makan sahur, dan untuk shalat malam dengan tidur siang.” (HR Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya).

Keutamaan lainnya pun dijelaskan oleh Imam Ibn Hajar Rahimahullah tentang keberkahan dalam sahur, Sebagai berikut

  1. Mengikuti sunnah Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
  2. Pembeda dengan puasa ahli kitab, berdasarkan hadits dari Amru bin Al Ash dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pembeda antara puasa kita dengan puasanya Ahli Kitab ialah makan sahur” (HR. Muslim).
  3. Menambah semangat agar semakin rajin beribadah.
  4. Menolak buruknya akhlaq yang dapat timbul akibat rasa lapar.
  5. Menguatkan badan dalam melaksanakan ibadah puasa.
  6. Menjadi sebab menjalankan dzikir dan doa pada waktu yang diduga merupakan waktu terkabulkannya doa.
  7. Waktu sahur dapat digunakan untuk menyusuli niat puasa bagi mereka yang lalai niat sebelum tidurnya.
  8. Dapat menjadi sebab untuk bershadaqah kepada yang membutuhkan makanan sahur, atau dapat juga menjadi kesempatan untuk makan bersama-sama mereka.

Bahkan waktu sahur meruoakan waktu mustajab untuk berdoa dan meminta permohonan pada-Nya. Bahkan diwaktu ini sangat dianjurkan untuk umat islam melaksanakan shalat tahajut, mengikuti sunnah Rasul dan tradisi salafus salih.

Seperti istighfar dan doa. Kedua amalan ini sangat baik dilakukan pada waktu sahur tersebut, bahkan dijadikan salah satu ciri utama orang yang akan meraih kesuksesan dan kebahagiaan yang hakiki, dunia dan akhirat. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam QS Ali Imran 17:

اَلصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْمُنْفِقِيْنَ وَالْمُسْتَغْفِرِيْنَ بِالْاَسْحَارِ

Artinya: “(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar.”

Maka dari itu, mari kita gunakan waktu sahur yang sangat mulia ini untuk mencapai segala keutamaannya. Semoga keberkahan dari Allah SWT terlimpah dan tercurah pada kita semua.

Mungkin sekian kultum materi yang dapat saya sampaikan. Maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian, itu murni karena kekeliruan saya. Semoga bisa bermanfaat. Bilahitaufik wal hidayah Wasallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian ulasan terkait contoh teks materi ceramah kuliah subuh Keutamaan Sahur di bulan ramadhan 2023 yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru