Teks Materi Kultum Kuliah Subuh: Amalan 10 Hari Pertama Puasa

Admin 0 Komentar

Contoh teks materi kultum ceramah kuliah subuh tema Amalan 10 hari pertama puasa bulan Ramadhan. Bisa untuk kultum tarawih & Jumat Ramadhan

INDIFFS.COM – Dalam mengisi kegiatan kuliah subuh (Kulsub) kita akan memberikan teks materi kultum atau ceramah bertemakan Amalan 10 Hari Pertama Puasa di Bulan Ramadhan. Teks ini bisa kamu gunakan sebagai referensi mengisi ceramah atau pun untuk para siswa mengisi Jurnal Ramadhan.

Dengan tema “Amalan 10 Hari Pertama Puasa” kita dapat mengetahui apa saja amalan yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan keutamaan istimewa di bulan penuh berkah ini. Tentunya, bulan Ramadhan menjadi salah satu momen spesial bagi umat islam di seluruh dunia.

Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Oleh sebab itu umat muslim berbondong-bondong untuk mendapatkan pahala. Mengingat hal tersebut, tak terasa kita telah memasuki hari ke 10 ramadhan. Dimana amalan nya pun memiliki fadilah amat luar biasa.

Lantas apa saja yang kita dapatkan di 10 hari ramadhan ini? Simak amalan bisa kita lakukan lewat teks kultum ceramah kulsub berikut ini:

Teks Ceramah Kultum Kuliah Subuh “Amalan 10 Hari Pertama Puasa Bulan Ramadhan”

Assalamualaikum Wr Wb

Syukur Alhamdulillah kita panjatkan ke Hadirat Ilahi Rabbi, atas berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga kita mampu menjalankan segala apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya.

Shalawat beriring salam ke haribaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam semoga kita termasuk umatnya yang mendapatkan syafaat nantinya. Aamiin ya Rabbal‘Alamin.

Di dalam bulan yang penuh keberkahan ini, kita diwajibkan untuk meningkatkan ibadah dan kegiatan kebaikan sebagai upaya untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, mari kita isi materi kulsub kali ini dengan membahas mengenai amalan 10 hari pertama bulan Ramadhan.

Diantara amalan yang dapat kita lalukan di 10 Hari pertama ramadhan ini. Pertama, menunaikan shalat tarawih di mesjid atau rumah dengan khusyuk dan penuh kesadaran akan keutamaan nya dapat memberikan pahala yang besar di hadapan Allah SWT.

Kedua, melantunkan bacaan Al-Quran yang dapat membuat kita tenang dan tentram. Serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita. Di dalam alquran pun terdapat banyak kisah hikmah yang bisa kita jadikan sebagai pembelajaran kehidupan sehari-hari.

Kita juga bisa memperbanyak tadarus Al-Quran, membaca dan mempelajari surat-surat yang belum kita hafal, dan memperdalam pemahaman kita terhadap kitab suci ini.

Ketiga, berpuasa. Berpuasa sendiri merupakan ibadah wajib dilakukan. Dengan berpuasa, kita dapat melatih diri untuk lebih sabar dan mengendalikan diri. Tak hanya itu, kita juga dapat merasakan betapa hikmahnya hidup yang telah Allah SWT berikan pada kita.

Keempat, memberikan sedekah di 10 hari pertama merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Sebab, memberi sedekah dapat membersihkan hati dari sifat serakah, dengki dan membantu saudara kita diluar yang sedang membutuhkan.

Setiap sedekah yang kita berikan akan memperbanyak pahala dan mendatangkan keberkahan baik di dunia maupun akhirat.

Kelima, beristigfar. Dengan beristighfar, kita dapat membersihkan hati kita dari dosa-dosa yang telah dilakukan dan dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Keenam, Dengan membaca doa dan dzikir, kita dapat mengingat Allah SWT dan memperkuat hubungan kita dengan-Nya.

Ketujuh, di 10 hari pertama Ramadhan, kita dapat memperbaiki kualitas ibadah kita, baik shalat, puasa, maupun amalan-amalan lainnya.

Demikianlah materi mengenai 10 hari pertama yang dapat kita ketahui dan saya sampaikan. Semoga kita bisa melakukan beberapa amalan tersebut untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, semoga Allah SWT senantiasa memaafkan segala dosa kita dan menyertai kita hari ini dan seterusnya.

Wabilahi taufik wa hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah beberapa Amalan 10 hari pertama puasa di Bulan Ramadhan. Semoga dapat menjadi referensi materi kultum atau ceramah kuliah subuh bertemakan Amalan 10 hari pertama puasa.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru