Teks Naskah Ikrar Santri Indonesia, Hafalkan Untuk Sambut HSN!

Resa Azzahra 0 Komentar

Sebentar lagi akan diadakan upacara hari santri nasional pada tanggal 22 oktober, untuk persiapan-nya, berikut teks ikrar santri indonesia!

INDIFFS.COM – Upacara untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober nanti secara serentak di seluruh lembaga dan pesantren Indonesia. Saat upacara, biasanya terdapat pembacaan penting yaitu teks ikrar Santri dan Resolusi Jihad yang dipandu pembina upacara.

Saat akan menjelang peringatan Hari Santri Nasional 2022 ada baiknya para santri mulai menghafalkan teks ikrar yang akan di bacakan. Karena ikrar Santri Indonesia bertujuan untuk mengikrarkan para santri agar tetap berjuang untuk bangsa dan selalu patuh terhadap instruksi pesantren sebagaimana peran para santri tempo dulu.

Ikrar ini akan dipadu pembina upacara setelah pembacaan Undang-Undang 1945 dan akan diikuti oleh para santri hingga kiai yang mengikuti upacara tersebut. 

Ikrar Santri Indonesia

Bacaan Ikrar Santri Indonesia salah satu hal yang harus disiapkan dan akan dibacakan pada saat upacara Haru Santri Nasional atau HSN 2022. Berikut ini Ikrar santri yang akan dibacakan:

Ikrar Santri Indonesia

بسم الله الرحمن الرحيم

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ

Kami Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia beriktiar:


  1. Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, berpegang teguh pada aqidah, ajaran, nilai, dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.
  2. Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia, berideologi negara satu ideologi Pancasila, berkonstitusi satu Undang Undang Dasar 1945, berkebudayaan satu kebudayaan Bhineka Tunggal Ika.
  3. Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, selalu bersedia dan siap siaga, menyerahkan jiwa dan raga, membela tanah air dan bangsa Indonesia, mempertahankan persatuan dan kesatuan nasional serta mewujudkan perdamaian dunia.
  4. Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional, mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan, lahir dan batin, untuk seluruh rakyat Indonesia.
  5. Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, pantang menyerah, pantang putus asa serta siap berdiri di depan melawan pihak-pihak yang akan merongrong Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, serta konstitusi dasar lainnya yang bertentangan dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan dan Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama.

Demikianlah bunyi naskah ikrar santri indonesia lengkap yang biasa dibacakan pada saat upacara untuk memperingati Hari Santri Nasional 2022.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru