Telat Bangun Subuh? Tips Agar Tak Kesiangan Sholat Subuh

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Bangun telat kerap dialami sebagian orang, namun jangan jadikan ini sebagai kebiasaan. Ada beberapa tips agar bangun subuh tak kesiangan.

Indiffs – Ada tips agar bangun subuh tak kesiangan?

Waktu sholat subuh sangatlah pendek namun tidak sedikit orang yang telat kesiangan untuk menunaikannya. Memang sholat subuh ini juga terbilang sulit bagi kebanyakan orang karena mungkin waktunya masih terlalu pagi, saat orang masih enak-enak terlelap tidur. Ya, setelah beraktivitas semalaman lah yang membuat tubuh ini jadi terasa lelah, dan tertidur pulas.

Padahal bagi umat muslim sangat di anjurkan untuk bangun tidur sebelum matahari terbit, selain baik untuk kesehatan juga, ya untuk melaksanakan sholat subuh yang bernilai ibadah ini. Namun, sebagian dari kita sudah menjadi kebiasaan bangun tidur terlambat, sehingga berat rasanya untuk memulai bangun lebih awal agar tidak telat shalat subuhnya.

Berikut ada beberapa tips agar kamu tidak kesiangan saat bangun sholat subuh:

Pertama, Niat

Segala sesuatu yang dilakukan pasti harus diawali dengan niat. Ya, niat memang punya peran yang kuat dalam melakukan berbagai hal, termasuk bangun subuh. Jadi, coba ubah niat bangun pagimu dari “agar nggak telat ke sekolah atau kampus” menjadi “agar nggak telat salat subuh”.

Menurut M. Ulin Nuha, Takmir Masjid Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta, dengan niat itu, maka alam bawah sadarmu akan mempersiapkan diri untuk bangun sesuai yang kamu minta. (Dikutip dari umma.com)

Kedua, Jangan Tidur Larut Malam

Nah, ini juga penting untuk diperhatikan kalau kamu memang ingin bangun subuh. Tubuh setiap harinya memerlukan istirahat yang cukup. Kira-kira dalam sehari dibutuhkan waktu 5-7 jam untuk istirahat. Jika kamu tidur larut malam, maka otomatis akan berpengaruh pada bangunmu. Coba ikuti kata-kata Bang Rhoma irama: ‘ jangan begadang kalau tiada artinya.’ ya, seperti itulah.

Ketiga, Memasang Alarm

Alarm ini bisa dijadikan senjata buat kamu yang ingin bangun tepat pada waktu yang kamu inginkan. Pasang alarm sekitar jam 4 pagi agar kamu ada persiapan untuk shalat subuh. Selain itu kamu juga bisa manfaatkan fitur alarm yang ada pada smartphonemu, mudah bukan.

Keempat, Hindari Makan Berlebihan Sebelum Tidur

Makan berlebihan akan menyebabkan Anda tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan capek. Hal inilah dikarenakan, ketika kamu merasa kekenyangan, asupan oksigen Anda akan berkurang, hal tersebut menyebabkan hiperventilasi (pernapasan berat) yang membutuhkan banyak energi, sehingga Anda mungkin tidak bisa mendengarkan suara alarm ataupun mendengar azan subuh yang berkumandang.

Maka dari itu, makanlah ketika waktu maghrib dengan porsi yang sewajarnya, seperti apa yang dilakukan Rasulullah saw. Beliau tidak Iangsung tidur setelah makan malam. Beliau akan beraktivitas terlebih dahulu agar makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

Kelima, Tidur Memalingkan Badan ke Kanan

Selain anjuran Rasulullah SAW juga, tidur dengan posisi memiringkan badan ke kanan juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Posisi ini akan membuat posisi jantung Anda berada di atas, sehingga bisa mengurangi beban jantung Anda. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan paru-paru, meningkatkan waktu penyerapan zat gizi, mengistirahatkan lambung dan mengistirahatkan otak sebelah kiri.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar bangun tidur tidak kesiangan khususnya bangun untuk menunaikan sholat subuh. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru