Terbaru! Ceramah Singkat Tentang Nuzulul Quran 17 Ramadhan

Admin 0 Komentar

Salah satu cara memperingati-nya adalah dengan menyampaikan teks ceramah Nuzulul Quran yang dapat menginspirasi.

INDIFFS.COM – Nuzulul Quran merupakan salah satu momen penting dalam bulan Ramadhan yang perlu diperingati oleh umat Muslim. Salah satu cara memperingati-nya adalah dengan menyampaikan teks ceramah Nuzulul Quran yang dapat menginspirasi.

Peristiwa Nuzulul Quran terjadi pada malam 17 Ramadhan. Sehingga pada malam tersebut dianjurkan menghidupkan malam spesial tersebut dengan memperbanyak ibadah dan membaca Al-Quran.

Ceramah Nuzulul Quran

Dalam memperingati peristiwa ini, biasanya sering diadakan ceramah atau kultum yang bertemakan malam Nuzulul Quran. Berikut contoh ceramah singkat tentang Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1444 H / 2023 M:

  • Teks Ceramah Pertama

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Wabihi nasta’in ‘ala umuriddunya waddin. Washalatu wassalamu ‘ala sayyidina Muhhamadin. Wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in. Amma ba’du.

Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena berkat Rahmat dan karunianya kita semua masih diperkenankan untuk berkumpul di tempat yang mulia ini dalam keadaan sehat.

Tak lupa juga sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang akan memberikan kita syafaat di yaumul akhir.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membawakan ceramah singkat dengan tema Nuzulul Qur’an.

Sebelum masuk ke pembahasan, saya ingin bertanya kepada bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian. Ada yang tahu apa itu Nuzulul Qur’an?

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Qur’an sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Pertama kali turunnya wahyu Alquran kepada Rasulullah SAW saat beliau tengah berada di Goa Hira, Surat Al Alaq (ayat 1-5). Lalu, Allah SWT kembali menurun wahyu tiga tahun setelahnya melalui Surat An Nashr.

Masa turunnya ayat Alquran golongan Makkiyah berlangsung selama 9 tahun, dan golongan surat Madaniyah berlangsung 10 tahun. Proses turun Al-Qurโ€™an tersebut, Nabi Muhammad SAW sekaligus menjamin eksistensi Agama Islam.

Pada saat peristiwa Nuzulul Qur’an, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sholat malam dan tentu saja membaca Al-Qur’an. Tak hanya sekadar membaca, kita diwajibkan pula untuk mengamalkan ajaran yang terkandung di dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Hadirin yang di-Rahmati Allah SWT.

Peristiwa Nuzulul Qur’an erat hubungannya dengan Lailatul Qadar. Menurut sebagian para ulama amalan pertama dan utama adalah membaca Alquran, memperbanyak baca Alquran, sehingga mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah.

Amalan berikutnya melakukan Itikaf, yaitu berdiam diri di masjid, sesuai ketentuan Itikaf seraya membaca Alquran, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan shalat malam, seperti shalat sunat Tahajut, shalat hajat, dll.

Saya kira cukup sampai disini ceramah yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan dapat menjadi manfaat bagi para hadirin sekalian terkhusus bagi saya sendiri.

Akhirul kalam, wa billahi taufiq wal hidayah. Wassalamualaikum Wr, Wb.

  • Teks Ceramah Kedua

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Kita panjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT yang dengan berkah dan rahmatNya kita masih diberikan kekuatan berpuasa hingga hari ke 17.

17 Ramadhan diperingati sebagai Nuzulul Qur’an. Yaitu malam dimana Allah menurunkan Al-Quran surat Al-Alaq ayat 1-5.

Ada dua tahapan turunnya Al Quran, secara keseluruhan ada di lauh mahfuz dan langit ke 7 hingga sampai ke langit dunia yang disebut dengan baitul izza.

Mulai dari baitul izza langit pertama turunnya Al Quran secara bertahap sesuai dengan apa yang ditentukan oleh Allah SWT, ayat Al Quran yang pertama turun kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril di Gua Hira yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5 yang artinya bacalah, inti dari bacalah yaitu mengajarkan bahwa kita selalu umat muslim harus banyak membaca Al-Quran.

Malam nuzulul quran merupakan nikmat yang luar biasa, perubahan kehidupan kita sebagai manusia dari kegelapan menjadi cahaya, dari kerusakan menjadi kemakmuran.

Antara kemuliaan yang diberikan oleh Al Quran adalah kemakmuran dalam kehidupan, bahagia dan sembuh dari segala penyakit.

Oleh karena itu mari kita sama-sama menjaga Al Quran setiap malam apalagi bulan Ramadhan.

Maka manfaatkan usia kita di bulan suci Ramadhan, sebagaimana ia membaca Alquran setiap hari, tidak terlewat satu hari pun. Oleh karena itu berbahagialah orang yang bisa memanfaatkan sisa umurnya untuk menjadi lebih baik di sisi Allah dan lebih baik nikmat Ramadhan apalagi bersama Allah.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam memperingati peristiwa nuzulul quran ini.

Wabillahi taufik wal hidayah. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Demikian beberapa contoh ceramah singkat tentang malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1444 H / 2023 M yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru