Ternyata Ini Manfaat Olahraga Bulu Tangkis Untuk Kesehatan!

Admin 0 Komentar

Bulu tangkis atau badminton merupakan olahraga permainan bola kecil yang permainannya menggunakan raket, suttlecock, net dan lapangan.

indiffsBulu tangkis adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati  dan juga bermanfaat untuk kesehatan. Selain bermanfaat untuk kesehatan untuk kesehatan fisik, olahraga ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental karena mampu membangun ikatan sosial di antara pemain. Dalam olahraga ini, kamu melakukannya dengan lawan bermain yang membuatnya semakin seru.

Jika rutin melakukan olahraga ini, berikut ini manfaat bagi kesehatan tubuh:

1. Baik untuk Kebugaran Fisik

Bermain bulu tangkis menuntut kamu untuk berlari, menerjang, dan memukul bola. Kemungkinan kamu membakar sekitar 450 kalori per jam. Jenis olahraga kardiovaskular ini dapat membantumu tetap dalam kondisi prima, terutama jika kamu mencari alternatif olahraga cross-training yang baik.

2. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Olahraga ini terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi paru-paru secara maksimal. Hal itu karena saat melakukan olahraga ini, sirkulasi darah menjadi lebih optimal. Kondisi tersebut yang membuat stamina dan fungsi paru turut meningkat secara keseluruhan.

3. Menjaga Kepadatan Tulang

Manfaat selanjutnya yaitu menjadi kepadatan tulang. Hal ini terjadi karena olahraga ini mampu memicu aktivitas sel-sel pembentuk tulang lebih meningkat dan itu baik untuk membentuk kepadatan tulang.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Setiap olahraga tentunya memberi kontribusi pada kesehatan. Namun, bulu tangkis merupakan olahraga yang bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi jantung. Saat melakukan olahraga ini, otot jantung akan terlatih. Selain itu, olahraga ini akan menurunkan kolesterol yang memang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

5. Membantu Menyembuhkan Hipertensi

Bermain bulu tangkis secara rutin bisa meningkatkan kondisi tubuh sehingga denyut jantung basal menurun dan tekanan darah berkurang. Kedua efek ini membantu menekan hipertensi.

Tidak hanya membantu mengendalikan hipertensi, olahraga ini dianggap mampu menyembuhkan penyakit tersebut. Hal itu karena bermain bulu tangkis turut membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh dan memicu reaksi kimia alami yang bersifat seperti obat.

6. Mencegah Obesitas

Obesitas adalah masalah yang bayak dialami oleh anak muda masa kini. Kebiasaan mager, konsumsi makanan cepat saji, dan malas berolahraga menjadi pemicu naiknya berat badan secara tak terkendali. Nah, bulu tangkis ini merupakan olahraga terbaik buat kamu yang ingin menurunkan berat badan atau mencegah obesitas.

Nah, itulah beberapa manfaat olahraga bulu tangkis untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru