Ternyata Inilah Alasan Mengapa Pria Tidak Ingin Menikah

Wiwin Indriani 0 Komentar

Banyak pria yang mengaku masih belum ingin menjalani kehidupan rumah tangga. Ternyata, ada alasan tertentu mengapa pria tidak ingin menikah.

INDIFFS.COM – Mungkin bagi sebagian orang menikah itu adalah suatu kewajiban untuk melanjutkan garis keturunan. Setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda tentang pernikahan. Oleh sebab itu, terdapat pria yang menunda atau tidak ingin menikah. Banyak pria yang berada pada angka matang mengaku masih belum ingin menjalani kehidupan rumah tangga. Namun ternyata, ada alasan tertentu yang menjadikan pria tidak ingin menikah.

Alasan Pria Tidak Ingin Menikah

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pria tidak ingin menikah:

1. Takut Bercerai

Ada banyak pria di luar sana memandang masalah emosi dan ekonomi sering berujung perceraian dengan pasangan. Ini bisa juga di latarbelakangi masa lalu pahit, misalnya si pria pernah bercerai di pernikahan pertama, atau si pria hidup dengan orang tua bercerai.

Pria yang seperti ini biasanya berpikir sejarah orang tuanya akan terulang pada mereka. Sehingga, mereka menganggap lebih baik baginya untuk tidak menikah dengan wanita mana pun.

2. Belum Siap Secara Finansial

Alasan “belum siap” memang paling mujarab dan paling banyak diucapkan oleh mereka yang belum menikah padahal sudah berpacaran lama. Belum siap pun banyak jenisnya, dan yang paling sering adalah belum siap secara finansial. Kebanyakan pasangan takut menikah karena biayanya yang mahal. Selain itu, belum siap secara finansial adalah masalah kehidupan yang akan dijalani berdua di masa mendatang.

Kebanyakan pasangan takut jika nantinya mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan baik. Baik karena penghasilannya yang kurang atau tidak bisa mengimbangi biaya hidup pasangan yang cukup besar (high maintenance). Meski ada saja yang bilang kalau rezeki pasti akan datang seiring berjalannya waktu, tetap saja alasan ini sering dijadikan tameng bagi mereka yang belum mau menikah.

3. Fokus Pada Kariernya

Sebagian pria berpikir bahwa pencapaian karir yang bagus adalah hal yang dilakukannya terlebih dahulu. Karena itu ia akan berusaha dan fokus pada segala hal yang dapat meningkatkan prestasinya dalam bekerja.

Bahkan pria dengan tipe seperti ini menganggap bahwa menikah akan menghambat nya dalam mengejar segala mimpi dan ambisi karir nya. Karena merasa bahwa itu akan menghambat langkah kesuksesan nya.

4. Memiliki Pengalaman Buruk dan Trauma

Pria yang tidak ingin menikah biasanya didasarkan pada pengalaman buruk dan trauma di masa lalu. Ia takut hal itu akan kembali terjadi, sehingga memutuskan untuk menunda bahkan menolak melangsungkan pernikahan.

Tipe pria seperti ini juga cenderung memiliki trust issue, sebuah kondisi dimana sudah sulit mempercayai orang lain. Tak hanya menjalin hubungan, ia bahkan takut untuk bertemu dan berkenalan dengan orang baru.

5. Tanggung Jawab

Tanggung jawab memiliki peran penting dalam pernikahan. Pria yang belum siap untuk tanggung jawab yang besar, akan takut untuk menikah. Mereka belum siap untuk melaksanakan berbagai macam tanggung jawab yang didapat setelah berumah tangga. Pria ingin menikmati hidup bujang selama mungkin, terutama bagi pria yang masih memikirkan kesuksesan karirnya.

6. Enggan Berkorban

Beberapa pria tidak ingin menikah karena menyukai gaya hidup hedon dan berpusat padanya. Ini jelas berbeda dengan prinsip pernikahan yang membutuhkan pengorbanan. Pernikahan membutuhkan kesetiaan, perhitungan bersama pasangan, dan investasi emosional. Ada pria yang tak bisa memandang positif hal ini.

Nah, itulah alasan-alasan mengapa pria tidak ingin menikah. Namun jangan khawatir, karena hal tersebut dapat diatasi dengan berdiskusi bersama pasangan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru