Tinggal Menghitung Hari! Ini Rukun dan Syarat Puasa Ramadhan

Admin 0 Komentar

Tak terasa tinggal hitungan minggu lagi memasuki puasa Ramadhan 2023. Oleh karena itu, umat Muslim wajib mengetahui rukun dan syarat puasa.

INDIFFS.COM – Tak terasa memasuki awal bulan Maret, itu berarti tinggal hitungan minggu lagi memasuki puasa Ramadhan 2023. Oleh karena itu, umat Muslim wajib mengetahui terlebih dahulu mengenai rukun dan syarat puasa.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinanti-nantikan bagi seluruh umat muslim. Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan penuh kemenangan dan membawa keberkahan.

Berdasarkan kalender Islam, Ramadhan 2023 diprediksi akan jatuh pada 23 Maret 2023.

Bagi seorang muslim yang telah baligh dan berakal, mengetahui rukun dan syarat puasa adalah sebuah keharusan. Dengan demikian, ibadah puasa di bulan Ramadhan yang dilakukan menjadi sah sesuai hukum Islam.

Rukun Puasa Ramadhan

Rukun puasa adalah menahan diri dari berbagai pembatal puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Allah SWT berfirman:

وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ

Artinya: “Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam.” (QS. Al-Baqarah: 187).

Adapun rukun puasa ramadhan adalah sebagai berikut.

1. Membaca Niat Puasa

Hendaknya membaca niat Puasa sebelum menunaikan ibadah Puasa, sebagaimana membaca niat sebelum melaksanakan shalat. Hal ini sangat penting dan jangan sampai di lewatkan.

Untuk membaca niat Puasa, dilakukan sejak malam hari setelah shalat tarawih hingga sebelum masuk waktu shalat subuh. Klik tautan berikut untuk mengetahui niat puasa ya!

2. Menahan Diri

Sebelumnya yang diharuskan membaca niat, selanjutnya yakni menahan diri. Disinilah seorang muslim mulai menjalani ibadah Puasa.

Orang yang melaksanakan Puasa Ramadhan, harus mampu menahan diri dari hal-hal yang membatalkan Puasa, mulai dari fajar sampai terbenamnya matahari.

Syarat Puasa Ramadhan

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi jika seseorang ingin menjalankan ibadah puasa. Apabila tidak terpenuhi, kewajiban berpuasa orang tersebut telah gugur.

Adapun syarat puasa Ramadhan adalah sebagai berikut.

  • Beragama Islam.
  • Berakal atau tidak gila.
  • Baligh.
  • Mampu menjalankan puasa Ramadhan.
  • Mengetahui awal bulan Ramadhan.

Demikian itulah beberapa syarat dan rukun puasa Ramadhan sesuai syariat Islam. Semoga bermanfaat ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru