Tips Belanja Hemat Dan Praktis Agar Tidak Boros, Wajib Terapkan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Belanja kebutuhan menjadi kegiatan rutin sebagian besar orang. Untuk itu, berikut ini terdapat tips belanja hemat yang wajib di terapkan!

INDIFFS.COM – Belanja kebutuhan memang menjadi kegiatan rutin sebagian besar orang. Namun, bukan berarti dapat menghabiskan seluruh gaji Anda pada sekali belanja. Untuk mengatisipasinya, terdapat tips belanja hemat yang wajib diterapkan.

Tips Belanja Hemat

Berikut ini ada beberapa tips belanja hemat dan praktis yang bisa Anda terapkan demi menghemat:

1. Siapkan Skala Prioritas

Dalam menabung, Anda perlu membuat daftar skala prioritas begitupun dalam hal berbelanja. Daftar prioritas mencantumkan item dan produk untuk kebutuhan mingguan. Masukkan item yang dianggap paling penting terlebih dahulu, dan seterusnya.

Dengan membuat skala prioritas, tips belanja hemat untuk satu mingguan akan lebih ringan. Tentunya, uang yang dikeluarkan akan sesuai dengan tingkat peruntukkannya.

2. Rencana Belanja Secara Detail

Tips belanja hemat yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu membuat rencana belanja secara detail. Hal ini harus Anda lakukan demi menghindari lupa dan bisa lebih fokus pada barang yang memang benar-benar diperlukan saja.

Apabila rencana belanja ini bisa Anda terapkan dengan baik, maka tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia karena melihat barang yang sebenarnya tak perlu.

3. Bandingkan Harga dengan Kuantitas

Periksa harga barang-barang secara teliti dan lakukan perhitungan sederhana untuk dapat mengetahui kemungkinan-kemungkinan pembelian yang lebih murah. Membeli bahan makanan segar lebih murah membelinya per kilogram daripada dalam beberapa kemasan berbungkus sekaligus.

Dengan cara tersebut, Anda juga akan dapat memeriksa setiap bahan makanan seperti buah atau sayuran yang cacat sehingga bisa mendapatkan kualitas yang terbaik. Membeli potongan besar daging dan meminta tukang daging memotongnya dapat menghemat pengeluaran sekitar 30 persen dibandingkan dengan membeli daging potongan kecil dalam jumlah banyak.

Berapa produsen menyusutkan ukuran produk untuk mengatasi kerugian saat kenaikan harga. Sebaiknya Anda mengecek berbagai ukuran kemasan merek lain untuk mendapatkan harga dan kuantitas isi produk yang baik.

4. Membuat Dua Rekening

Jika sering merasa kesulitan mengatur pengeluaran bulanan, maka Anda bisa coba memisahkan uang dengan dua jenis rekening, yakni tabungan pribadi dan tabungan kerja.

Supaya lebih hemat, Anda bisa memilih rekening dengan biaya administrasi yang lebih rendah. Tabungan pribadi dapat Anda gunakan untuk menabung gaji bulanan. Sedangkan, rekening kedua dapat Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Agar kedua rekening tersebut dapat berfungsi secara maksimal, Anda hanya boleh menarik salah satu tabungan saat dalam keadaan mendesak. Selain itu, Anda juga harus belajar hidup hemat supaya gaji tidak hangus dalam sesaat.

Meskipun terlihat sulit, tetapi bila Anda komitmen dan disiplin, maka Anda pun bisa menyisihkan uang lebih banyak di akhir bulan nanti.

5. Jangan Terlalu Fokus pada Merk

Dalam membeli sesuatu, bijaklah dalam memilih barang suatu produk. Anda dapat memperhatikan kualitas barang daripada merk yang diproduksinya. Produk dengan merek terkenal tidak selalu memiliki kualitas produk yang lebih baik dari produk perusahaan skala kecil.

Merek suatu produk juga tidak menjamin kecocokan saat menggunakan atau menggunakannya. Jika berbelanja produk bulanan seperti gula, beras, minyak goreng, Anda pasti tahu produk mana yang berkualitas baik meski tidak memiliki merek terkenal.

6. Utamakan Produk Diskon, Cashback, dan Promo

Tips belanja hemat dan praktis yang lainnya yaitu dengan cara mengutamakan produk diskon, cashback, serta promo. Setiap bulannya pasti ada saja diskon dan promo menarik di toko kesayangan Anda. Jadi, pastikan Anda tidak terburu-buru dan mencoba membandingkan harga pada produk incaran. Untuk mendapatkan harga yang lebih baik, Anda juga bisa ikut hunting barang diskon di toko online.

7. Belanja Bahan Pangan Di Pasar Tradisional

Berbeda dengan supermarket ternama, bahan pangan di pasar tradisional jauh lebih murah karena Anda bisa menawar harganya. Selain itu, saat berbelanja di pasar tradisional, Anda juga tidak akan dikenakan pajak saat belanja. Hal inilah yang membuat harganya jadi lebih murah. Namun, jangan lupa untuk menyediakan uang tunai sesuai anggaran belanja harian untuk menghindari dari pemborosan.

Nah itulah beberapa tips belanja hemat yang dapat Anda terapkan, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru