Tips Berkendara Aman Saat Liburan Nataru Agar Lebih Lancar!

Admin 0 Komentar

Sebentar lagi memasuki liburan tahun baru dan natal. Agar liburan berjalan dengan lancar ketahui tips berkendara aman saat liburan ini yuk!

INDIFFS.COM – Sebentar lagi memasuki waktu liburan, dimana kita akan berlibur ke suatu tempat untuk mengisi waktu libur. Namun ada yang perlu menjadi perhatian, yakni mematuhi tips berkendara dengan aman saat liburan tiba.

Seperti yang kita ketahui, bahwa selama bulan Desember terjadi tingginya curah hujan atau perubahan iklim. Sehingga kita perlu memperhatikan kondisi kendaraan semaksimal mungkin, perhatikan juga penanda sehingga perjalanan liburan bisa menyenangkan.

Seperti yang kita ketahui, tak jarang terjadi kecelakaan melibatkan kendaraan kecil dan besar, baik di jalan tol atau arteri. Untuk itu, tiap pengemudi membutuhkan teknik agar lebih aman di jalan, seperti menghindari blind spot, jaga jarak dengan kendaraan lain, berpindah jalur yang dilewati truk dan jangan sembarangan menyalip kendaraan lain.

Tips Berkendara Aman Saat Liburan

berikut ini ada beberapa cara atau tips berkendara aman saat liburan akhir tahun atau natal tiba:

  • Rencanakan Dahulu Rute Liburan 

Hal pertama yakni kita perlu merencanakan akan kemana kita pergi dan lewat mana. Merencanakan rute liburan dapat menentukan ke mana saja kita akan pergi dan menghindari tersesat di jalan karena belum menentukan jadwal berlibur. Cari tau terlebih dahulu kondisi perjalanan yang akan di tuju dan mencari tau rute alternatif apabila terjadi kepadatan.

  • Perhatikan Kondisi Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan, perhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan. Apakan kendaraan tersebut sudah aman? Mulai dari rem, klakson, mesin dan bensin. Lakukan pemeriksaan lebih detail pada kendaraan an lakukan servis berkala, terutama sebelum bepergian jauh.

  • Siapkan Kondisi Tubuh

Tips penting ini sangat penting untuk diterapkan karena menyangkut dengan kesehatan. Sebelum pergi berlibur, pastikan bahwa kondisi tubuh dalam kondisi baik atau fit, terutama bagi pengemudi. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat cukup agar tidak mengantuk sebelum pergi. Sebab, akan sangat berisiko jika dalam kondisi tubuh kurang fit.

  • Perhatikan Kondisi Cuaca

Akhir tahun umumnya memiliki curah hujan tinggi yang menyebabkan sebagian wilayah terandam banjir. Maka berhati-hatilah berkendara, jika hujan besar menerjang, sebaiknya menepi dahulu jika tidak memungkinkan untuk lanjut.

  • Bawa Barang Secukupnya (yang diperlukan)

Ketika akan bepergian jauh, jangan lupa membawa barang yang cukup. Barang penting yang memang perlu dibawa seperti obat-obatan, jaket dan tempat minum. Sesuaikan juga dengan kapasitas kendaraan agar perjalanan lebih nyaman dan jangan lupa membawa perlengkapan darurat. 

  • Kendaraan Mobil

Jika menggunakan mobil, pastikan seluruh perlengkapan sudah siap dan aman. Gunakan sabuk pengaman untuk meminimalisir cidera jika ada kecelakaan dan patuhi peraturan lalulintas atau jalan yang ada.

  • Kendaraan Motor

Bagi pengendara motor, istirahat yang cukup dan jangan mengemudi ketika tubuh kurang fit serta mengantuk. Pastikan motor dalam kondisi prima, cek ban, lampu sein dan klakson. Pakailah jaket, helm SNI dan masker. Jangan terlalu ngebut dan jaga jarak dengan kendaraan lain.

  • Menepi Ketika Lelah dan Patuhi Lalu Lintas

Jika pengemudi sudah lelah, sebaiknya menepi sejenak untuk mengistirahatkan diri agar kembali fit menempuh perjalanan jauh. Patuhi juga lampu lalu lintas. Kedua hal ini bisa mengurangi tingkat kecelakaan saat berkendara. 

Demikianlah beberapa tips aman berlibur agar berkendara nyaman dan terjauh dari kecelakaan. So pasti untuk memerhatikan beberapa tips di atas agar liburan bersama orang tersayang berjalan dengan lancar.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru