Tips Mengatasi Insecure, Yuk Mulai Terapkan pada Diri Sendiri!

Dini NHaH 0 Komentar

Mengatasi Insecure terdapat beberapa cara, untuk kamu yang memiliki perasaan insecure yuk mulai terapkan tips berikut pada diri sendiri.

indiffsMengatasi insecure berlebihan perlu diketahui oleh setiap orang, karena dapat memengaruhi kondisi mental. Perasaan insecure bisa dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri seseorang maupun dari luar. Kondisi ini bisa dialami siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Insecure adalah sebuah perasaan tidak aman dan tidak nyaman terhadap diri sendiri. Orang yang insecure merasa dirinya kurang dan tidak percaya diri. Perasaan insecure membuat seseorang merasa gelisah, malu, takut, dan tidak percaya diri.

Sebagian orang mungkin bisa mengatasi rasa insecure sebelum berdampak buruk pada kehidupannya. Namun, saat seseorang mengalami insecure untuk jangka waktu yang lama, hal ini mungkin memiliki efek yang signifikan pada kehidupan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi insecure yang harus diterapkan pada diri sendiri:

1. Jadilah Sahabat untuk Diri Sendiri

Terkadang, kita menilai diri sendiri terlalu keras. Padahal, saat sedang insecure harus memperbanyak self love, bukan self judging. Kita harus bisa menerima kenyataan kalau kita merasa insecure sembari mencari cara untuk mengatasinya.

Tidak perlu menunggu orang lain, kamu bisa menjadi sahabat untuk dirimu sendiri. Katakan pada diri sendiri hal-hal baik yang bisa memulihkan kepercayaan diri.

2. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Banyak orang-orang yang mengalami insecure karena membandingkan diri dengan orang lain. Apalagi di zaman media sosial sekarang ini, sering kali apa yang kamu lihat di media sosial nampak sangat indah. Rasanya takut untuk tidak membandingkannya dengan apa yang kita punya.

Oleh karena itu, cobalah kurangi penggunaan media sosial agar kamu tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membanding-bandingkan diri. Selain itu, biasakan untuk selalu bersyukur dengan segala yang kamu miliki agar perilaku dan pikiranmu menjadi lebih positif. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

3. Beranikan Diri untuk Bersosialiasi dengan Orang Baru

Mungkin kamu merasa cemas saat berhadapan dengan lingkungan sosial yang baru. Cobalah secara perlahan, pasang target seberapa intens kamu melakukan percakapan dengan orang lain. Misalnya, di satu pertemuan kamu akan berkenalan dengan dua teman baru.

Kamu juga bisa mengobrool dengan teman baru untuk mengenalnya lebih dekat, termasuk mengetahui hal-hal yang dia senangi dan hobinya. Tak perlu memaksakan diri untuk langsung berbicara dengan banyak orang, mulailah dengan sedikit kemajuan. Perlahan, ketakutan kamu untuk mengenal lingkungan baru mungkin akan berkurang.

4. Cari Lingkungan dengan Suasana yang Positif

Berada di lingkungan yang positif dapat menumbuhkan kepercayaan pada diri sendiri dan orang lain. Setidaknya, dengan berada di lingkungan yang positif, kamu memiliki orang-orang yang mendukung untuk berada dalam kebaikan.

5. Tinggalkan Teman Toxic yang Sering Menjatuhkanmu

Sadar atau tidak, teman toxic ada di sekitar kita. Mereka ada di sekeliling kita dan kerap melontarkan komentar-komentar negatif yang membuat kita insecure. memiliki teman toxic tidak membuat hidup kita lebih baik, justru sebaliknya mereka akan membuat kita insecure dan overthinking sepanjang waktu.

Nah itulah beberapa tips untuk mengatasi insecure, yuk mulai terapkan pada diri sendiri. Semoga bermanfaat

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru