Tips Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan Terhadap Pasangan

Wiwin Indriani 0 Komentar

Cemburu memang hal yang wajar, tetapi tidak baik jika cemburu berlebihan. Untuk mengatasi cemburu tersebut lakukan tips berikut ini

IndiffsCemburu adalah respons dari berbagai ancaman yang dirasakan terhadap sebuah hubungan. Ciri-ciri yang akan diperlihatkan ketika seseorang cemburu bisa seperti bad mood, silent treatment, atau pun jadi lebih gampang curiga terhadap pasangan. Cemburu memang hal yang wajar tetapi, jika cemburu berlebihan bisa berakibat buruk dalam hubungan. Untuk mengatasi cemburu tersebut lakukan tips berikut ini.

1. Pahami Alasannya

Ketika kamu mengakui bahwa kamu sedang cemburu, inilah saatnya kamu untuk memahami faktor-faktor yang membuatmu merasa seperti itu. Misalnya, apakah kamu cemburu karena dia terlalu dekat dengan sahabat lawan jenis, atau apakah dia tampak terlalu ramah kepada semua orang dan lain sebagainya. Pahami alasan di balik kecemburuan tersebut agar kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Membicarakan Perasaanmu

Setelah kamu dapat memahami perasaan, sekarang  bicarakanlah dengan pasangan. Tetap tenang saat mengekspresikan perasaan kamu untuk menghindari salah paham atau masalah yang lebih serius. Pasanganmu mungkin menganggapnya aneh dan merasa bahwa Anda benar-benar mencintainya karena rasa cemburu tersebut, tetapi pasangan Anda mungkin juga berpikir bahwa Anda tidak masuk akal dan berlebihan. Apa pun hasilnya, luangkan waktu untuk berbicara dan mendengarkan satu sama lain.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Cemburu yang berlebihan bisa datang karena kurangnya percaya diri dalam diri kita. Tapi, hal ini bisa diatasi dengan tidak membanding-bandingkan diri kita dengan seseorang yang kita cemburui. Maka dari itu, berhentilah memiliki perasaan rendah diri agar mampu mengembangkan kepercayaan dalam diri. Banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri yang bisa kamu terapkan, salah satunya dengan menuliskan berbagai kekuranganmu. Cara ini akan membantu melihat nilai-nilai dalam diri yang perlu dikembangkan lebih dalam.

4. Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Memberikan waktu kepada diri sendiri merupakan cara untuk meningkatkan kesadaran diri. Tujuannya agar seseorang lebih mampu mengatur emosi sampai bisa menerima apa adanya. Maka dari itu, cobalah untuk tenang dan berikan waktu kepada diri sendiri agar ngga mudah mengkritik sesuatu.

5. Saling Percaya dengan Pasangan

Memberikan kepercayaan terhadap pasangan itu diperlukan demi menghindari rasa cemburu. Berbeda jika kamu saling curigaan, hubungan akan terasa tidak nyaman karena meragukan kesetiaan pasangan sendiri. Selain itu, rasa saling percaya ini akan menguji komitmen dan kejujuran dari sebuah hubungan. Pada dasarnya, seseorang yang setia tidak akan mengkhianati janji-janji yang telah dibuat, bahkan ketika mereka sedang bersama dengan lawan jenis.

6. Membicarakan dengan Teman Dekat

Cobalah untuk berbicara dengan teman dekat yang dapat kamu percayai. Bagikan dengan mereka apa yang sedang kamu rasakan. Tanyakan apakah kamu bersikap masuk akal atau berlebihan dan dengarkan nasihat mereka. Hal itu akan memberikan pencerahan bagi kamu, karena mendengar pendapat lain di luar hubungan kamu. Kamu mungkin akhirnya melihat dan menyadari hal-hal yang mungkin salah dan tidak baik untuk dilakukan, seperti cemburu berlebihan.

Nah, itulah sedikit tips mengatasi rasa cemburu yang bisa kamu terapkan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru