Tips Rajin Membaca Al-Quran, Di Coba Yuk!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Banyak sekali godaan yang kita dapatkan untuk membaca Al-Quran. Nah, oleh karena itu ini dia tips untuk rajin membaca Al-Quran, simak berikut

IndiffsAl-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril kepada umat manusia untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. Salah satu keistimewaan Alquran yakni kemurnian Al Qur’an terjaga hingga akhir zaman. Keistimewaan Al Quran yakni sejak diturunkan hingga akhir zaman kelak kemurnian Al Quran akan senantiasa terjaga. Membaca Alquran adalah salah satu bentuk ibadah dalam umat Islam. Terkadang ada kalanya kita menunda-nunda waktu untuk membaca Al-Qur’an, berbagai macam godaan yang kita dapatkan. Nah, oleh karena itu ini dia tips untuk rajin membaca Al-Quran, simak terus ya!

1. Memotivasi diri

Motivasi diri kita sendiri dengan mengingat keutamaan membaca Al-Qur’an, jika perlu buat tulisan-tulisan motivasi yang berkaitan dengan membaca Al-Quran di tempat yang bisa selalu dilihat.

2. Berkomitmen pada diri sendiri

Buatlah komitmen dan janji pada diri sendiri untuk bisa selalu Istiqomah dalam membaca Al-Qur’an setiap hari. Yakinkan diri sendiri, bahwa tidak ada yang bisa memisahkan kita dari Al-Qur’an kecuali jika ajal sudah datang menjemput.  Dan juga yakinkanlah bahwa Al-Qur’an akan menjadi kompas dikala kita tersesat dan kehilangan arah, dan sebagai obat dikala hati kita sedang sakit. Jadikanlah Al-Quran sebagai pelita jika kita Tersesat dalam kegelapan.

3. Ketahui manfaatnya

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dari huruf itu, dan satu kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Turmudzi)

Coba bayangkan, kalau kita berhasil menyelesaikan 1 juz dalam Al-Quran. Dan dari setiap huruf yang kita baca diberikan ganjaran 10 kali lipat, begitu luar biasa pahala yang kita dapatkan dari membaca Al-Qur’an. Ada banyak sekali keutamaan membaca Al-Quran, terlebih lagi bagi mereka yang mempelajari dan mengajarkannya. Kebaikannya akan selalu mengalir dan menjadi jari’ah yang pahalanya tetap mengalir walaupun sudah mati. Mereka juga disebutkan sebagai sebaik baik makhluk sejagat raya dan mereka akan mendapatkan syafa’at di akhirat kelak.

4. Mencintai dan milikilah hasrat untuk terus mempelajarinya

Cintailah Al-Quran, dan milikilah hasrat untuk selalu membacanya. Adakalanya kita merasa jenuh atau mungkin ada rasa malas yang mulai menggoda. Sesungguhnya, saat itu Al-Qur’an sedang rindu dan ingin dibaca oleh kita. Maka, cintailah Al-Qur’an, Kitab Allah yang maha sempurna.

5. Mengaji bersama teman

Cara lain agar mengaji bisa lebih menyenangkan adalah mengaji bersama teman atau bergabung dengan komunitas pencinta Al-Quran. Jika mengaji seorang diri dianggap akan membosankan, maka cara ini bisa menjadi alternatif. Dengan mengaji bersama, kita bisa saling mendengarkan dan membantu sesama agar bacaan Al-Qur’an kita lebih baik lagi. Belajar bersama dengan orang yang saleh dan salehah akan semakin memotivasi kita untuk lebih baik dalam mengaji. Ditambah lagi di era modern ini, banyak komunitas yang sudah merambah dunia maya. Jadi, kamu bisa bergabung dengan kegiatan mereka, kapanpun dan dimanapun.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru