Twitter Akan Hapus Label Perangkat dari Tweet, Begini Alasannya

Hani Hnsa 0 Komentar

Baru-baru ini Elon Musk men-tweet berencana akan hapus label Twitter for iPhone dan label sumber tweet (tweet source label) lainnya.

INDIFFS.COM – Elon Musk lagi-lagi membuat keputusan yang tidak populer dan cenderung kontroversial. Pemilik baru Twitter ini akan hapus label sumber tweet (tweet source label) pada Twitter.

Label sumber tweet ini digunakan untuk memberi tahu pembaca tweet dengan perangkat jenis apa. Misalnya, seperti Twitter for iPhone, Twitter for Android, dan Twitter Web App.

Namun, baru-baru ini Elon Musk men-tweet bahwa Twitter akan segera hapus label sumber tweet. Alasannya karena ini adalah ‘pemborosan ruang layar’ dan bahkan tidak ada yang tahu mengapa fitur tersebut awalnya ditambahkan.

“Dan, kami akhirnya akan berhenti menambahkan perangkat apa yang digunakan untuk menulis tweet (membuang-buang ruang layar dan menghitung) di bawah setiap tweet. Secara harfiah, tidak ada yang tahu mengapa kami melakukan itu,” tulis Elon Musk di akun pribadinya.

Hal itu menandakan bahwa memang Twitter sampai saat ini tidak punya penjelasan yang gamblang mengenai keberadaan label ini.

Selain itu, dia mengklaim bahwa kurang dari 20% dari bloatware layanan mikro yang ditentukan benar-benar diperlukan agar Twitter dapat berfungsi. Ia pun telah mengarahkan karyawan Twitter untuk menonaktifkan semuanya. Namun, selain label perangkat dihapus dari platform media sosial, beberapa perubahan lain diperkirakan terjadi.

Cuitan itu pun menuai sejumlah kritik, salah satunya oleh seorang aktor kenamaan di Amerika Serikat, Chris Messina. Ia membalas cuitan tersebut dengan memberi penjelasan kepada Musk terkait fungsi dari label status Twitter.

“Itu adalah cara yang berguna untuk memberikan visibilitas melalui atribusi untuk klien pihak ketiga. Seperti Tweetie (yang diakuisisi dan menjadi aplikasi Twitter iOS) atau Tweetdeck (RIP). Itu juga merupakan indikator status yang  berguna (misalnya apakah tweet dikirim melalui desktop atau seluler),” tulis Messina dengan akun pribadinya @chrismessina.

Tidak disangka, balasan cuitan dari Messina membuat mantan CEO Twitter, Jack Dorsey ikut berkomentar. Dengan balasan yang singkat, jelas dan padat, Dorsey menyetujui penjelasan Messina dengan tulisan “Correct” alias “Betul”.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten tidak ditemukan!

Konten Terbaru