Valid! 7 Cara Mudah Mengatasi Baterai HP Melembung

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Baterai HP kamu mudah kembung? Untuk itu, lakukan beberapa Cara berikut untuk Mengatasi dan mencegah terjadinya Baterai HP yang Melembung.

INDIFFS.COM – Lakukan beberapa cara ini untuk bisa mengatasi baterai HP yang melembung. Pasalnya, tak jarang ditemui baterai tanam HP yang membengkak karena beberapa hal.

Karena memang baterai merupakan salah satu komponen pada smartphone yang paling sering rusak. Salah satu bentuk kerusakan yang sering terjadi yaitu berupa baterai melembung atau biasa disebut kembung.

Apabila baterai HP ini kembung, tentu akan membuat kinerja sistem pada smartphone berkurang. Bahkan, tidak akan mampu menampung daya secara optimal. Sehingga saat digunakan HP menjadi lebih cepat drop.

Cara Mengatasi Baterai HP Melembung

Memang cukup banyak penyebab baterai smartphone kamu bisa kembung, dan ini tentunya bisa diatasi. Untuk itu, lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi Baterai HP yang kembung:

1. Lepaskan Baterai dari Perangkat

Tips mengatasi baterai HP kembung yang pertama, kamu bisa melepaskannya dari perangkat smartphone mu terlebih dahulu. Tentunya ini hal yang mudah jika jenis baterai smartphone mu removable.

Namun, jika jenis baterai smartphone mu non removable, kamu bisa meminta bantuan tenaga yang lebih ahli dalam bidangnya. Karena jika tidak, ini akan merusak perangkat smartphone kamu.

2. Hentikan Sementara Proses Charging

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah menghentikan sementara proses charging, jika baterai kamu semakin melembung. Karena bisa jadi penyebab baterai smartphone kamu yang kembung ialah dari proses charging yang tidak sempurna. Apabila ternyata baterai sudah kembung maka usahakan jangan melakukan charging smartphone hingga baterai tersebut kempes.

3. Mendinginkan Baterai dengan Kipas

Memang baterai yang sudah melembung seringkali akan mengalami overheat atau kenaikan suhu diatas normal. Tentunya salah satu tips untuk mengatasinya ialah dengan mengangin-anginkan nya menggunakan kipas. Selain itu, kamu bisa mencoba mencopot baterai dan membiarkannya pada ruangan ber AC. Tentunya hal tersebut akan membuat suhu baterai menjadi terjaga dan tidak terlalu panas.

4. Jangan Cas Secara Berlebihan

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah menghindari mengisi daya baterai secara berlebihan. Untuk itu, kamu bisa melepaskan kabel pengisi daya jika persentase baterai sudah berada di angka sekitar 90 persen. Jika telah mencapai 100% dan kabel pengisi daya tak segera dilepaskan, itu akan memperburuk sistem baterai.

5. Tetap Jaga Suhu Baterai

Suhu baterai yang berlebih tentunya akan sangat mudah membuat baterai pada smartphone kamu mudah kembung. Maka dengan itu, tetap jaga suhu baterai dan jangan sampai terlalu panas. Kamu juga bisa mengurangi penggunaan smartphone terlalu lama.

6. Tusuk Dengan Jarum

Memang terdengar sedikit aneh, namun ini berhasil untuk beberapa jenis HP. Syarat utamanya adalah baterai berjenis Li-ion dimana memang sering dijumpai kembung. Pasalnya, baterai yang mengembung diakibatkan karena gas terlalu banyak di dalamnya. Tentunya hal tersebut akan membuat suhu baterai panas dan mudah mengembung. Dengan itu, cara yang harus dilakukan ialah dengan mengeluarkan gas-gas tersebut.

7. Menggunakan Charger Original

Dengan menggunakan charger original tentunya memiliki daya listrik yang sudah disesuaikan dengan smartphone nya. Untuk itu, ketika baterai kembung jangan sekali-kali memakai charger yang palsu atau bahkan meminjam merek lainnya.

8. Hindari Penggunaan Aplikasi Berat

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menghapus beberapa aplikasi yang berat. Karena pasalnya, aplikasi yang berat bisa mempengaruhi sistem kinerja smartphone menjadi mudah panas. Apalagi jika penggunaan terlalu lama, tentunya ini akan membuat baterai handphone mu mudah panas. Jika baterai mudah panas tentunya ini juga mudah membuat kembung pada baterai.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menghindari dan mengatasi baterai HP melembung pada smartphone kamu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru