Valid! Jadi Begini Cara Melihat Pesan WA Yang Sudah Dihapus

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Jadi begini cara melihat pesan WA (WhastApp) yang sudah dihapus, mudah lho. Simak cara lengkapnya dalam artikel berikut ini!

INDIFFS.COM – Terkadang kita mendapati sebuah pesan di WhatsApp yang tiba-tiba dihapus oleh pengirimnya. Padahal, pesan tersebut belum dibaca oleh kita yang tentunya membuat penasaran. Namun untungnya, ada berbagai cara untuk melihat pesan WA yang sudah dihapus tersebut.

Tentunya dengan menggunakan cara ini, kamu tidak akan merasakan kebingungan lagi. Adapun untuk caranya sendiri bisa beragam, seperti memanfaatkan fitur yang tersedia ataupun menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirim. Yang mana, cara ini mudah dilakukan karena tanpa menggunakan pihak ketiga atau aplikasi tambahan.

Menggunakan Fitur Ekspor Chat

Cara pertama yang bisa kamu gunakan ialah dengan memanfaatkan fitur ekspor chat. Cara ini bisa dilakukan bagi kamu pengguna Android ataupun iOS.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di ponsel, kemudian pilih menu Setting atau Setelan, klik Chat History, dan klik Ekspor Chat.
  2. Pilih kontak WhatsApp yang ingin diketahui pesan terhapusnya. Klik pilihan Sertakan Media jika kamu ingin mengembalikan foto, video, atau media lainnya juga.
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan pesan selesai. Jika sudah, transkrip chat dapat disimpan di email ataupun Google Drive.
  4. Cek email atau Google Drive untuk melihat pesan WA yang dihapus.

Menggunakan Fitur Notification History

Selanjutnya ialah dengan menggunakan fitur Notification History. Namun sayang, cara ini hanya bisa dilakukan bagi kamu pengguna Android 11 ke atas.
Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Buka menu Setting di HP, lalu pilih menu Notification.
  2. Klik Advanced settings.
  3. Aktifkan menu notification history.
  4. Setelah itu, semua notifikasi pesan WA yang masuk ke HP, termasuk pesan yang sudah dihapus akan muncul.

Perlu diketahui nantinya pesan akan muncul dengan notifikasi lainnya selama 24 Jam. Selain itu, fitur ini tidak dapat digunakan untuk memulihkan file media seperti foto, video ataupun pesan suara.

Menggunakan Google Drive

WhatsApp hadir dengan membawa fitur cadangan pesan di google drive. Tentunya ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara untuk melihat pesan yang telah terhapus.

Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  2. Tekan menu Setting atau Setelan.
  3. Klik menu Chat lalu pilih Cadangan Chat.
  4. Pilih opsi Cadangan ke Google Drive.
  5. Pilih opsi waktu percakapan yang ingin dicadangkan.

Menginstall Ulang Aplikasinya

Cara terakhir yang dapat kamu coba ialah dengan menginstall ulang aplikasinya. Tentunya cara ini sangatlah mudah, yang mana kamu hanya perlu menghapus aplikasi WhatsApp dan memasangnya kembali.

Adapun berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Uninstall aplikasi WhatsApp di ponsel.
  2. Unduh lagi aplikasi WhatsApp di Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS.
  3. Login ke akun WhatsApp kamu.
  4. Pilih opsi Restore untuk mengembalikan seluruh percakapan WhatsApp.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah di hapus oleh pengirimnya. Bagaimana mudah bukan?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru