Viral! Netizen Uji Pertalite RON 90 Ternyata Segini Nilai Oktannya

Hani Hnsa 0 Komentar

Di media sosial Twitter seorang netizen mengunggah hasil uji RON Pertalite milik Pertamina dengan nilai oktan yang diduga tak sesuai aslinya.

INDIFFS.COM – Di media sosial Twitter seorang netizen mengunggah hasil uji Pertalite milik Pertamina dengan nilai oktan (Research Octane Number/RON) yang diduga tak sesuai aslinya.

Seperti diketahui selama ini, bensin Pertalite Pertamina memiliki nilai oktan RON 90. Namun, ketika diuji coba oleh seorang netizen yang unggahan nya viral di Twitter menggunakan alat uji octane number meter portable, nilai aslinya diduga cuma RON 86.

Hasil uji coba Pertalite RON 90 yang kenyataannya nilai oktannya diduga cuma RON 86 itu diketahui diunggah oleh akun Twitter @yo2thok pada 7 Oktober 2022.

“Ini namanya perampokan dan aparat melempem seperti kerupuk kena air.” tulis akun Twitter Y2thok.

Sontak saja, unggahan Twitter tersebut langsung membuat amarah para masyarakat yang merasa selama ini ditipu oleh Pertamina. Tak sedikit warganet yang mengomentari unggahan itu. Beberapa di antaranya mengeluhkan bahwa baru-baru ini Pertalite dirasa lebih boros.

Pertalite Sejatinya ron 90 faktanya hanya ron 86.” kata warganet di Twitter.

Kalau ini benar, pantas aja lebih boros dari sebelumnya.” tulis warganet.

Parah ini dilaporkan juga terjadi lonjakan subsidi 6 T dengan dalih konsumsi meningkat padahal dilapangan banyak yang beralih ke SPBU swasta.” kata warganet lainnya.

Kelas Premium; BBM kelas jadul untuk ron 86.” tulis warganet.

Sementara itu pemerintah sendiri baru saja telah melakukan uji coba Pertalite secara langsung. Sampel Pertalite yang diuji coba diambil dari SPBU di wilayah Jakarta seperti SPBU Lenteng Agung, Abdul Muis, dan S.Parman.

Dari hasil uji coba, didapati nilai RON Pertalite yang semuanya telah memenuhi standar. Seperti SPBU Abdul Muis RON 90,5, di Sunter RON 90,1, dan di S.Parman RON 90,2.

Meskipun begitu, mulai 1 Januari 2023 mendatang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan resmi melarang peredaran BBM bernilai oktan/RON di bawah 90

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru