Viral! Video Siswa SMPN 1 Ciawi Dansa Disebut Merusak Bangsa

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Video sepasang pelajar unjuk kebolehan dansa di SMPN 1 Ciawi Bogor, viral di media Sosial. Namun, sayangnya video itu diberi narasi negatif.

INDIFFS.COM – Baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan video sepasang pelajar SMPN 1 Ciawi, yang tengah berdansa. Alih-alih mendapatkan apresiasi atas skill dan bakat yang dimiliki, dua pelajar berbakat tersebut malah mendapat komentar dan nyinyir dari netizen.

Diketahui, video tersebut mulanya diunggah di Twitter dan sudah ditonton sebanyak 1,1 juta kali hingga Selasa (17/1/2022).

“Keren banget, ya Tuhan, anak SMA (atau SMP?) bisa Jive kayak gini. *Abaikan musik latarnya yg gak nyambung dan gengges,” tulis pengunggah dalam twitnya.

Potongan video yang beredar dimedia sosial itu berdurasi sekitar 15 detik. Dalam video tersebut, terlihat pasangan pelajar tampak unjuk kebolehannya dengan melakukan tarian Dance Sport.

Meski banyak mendapat pujian, video tersebut juga menuai kontra yang menyebut generasi muda muslim sudah terpengaruh budaya dari luar Indonesia.

“Generasi muda muslim sudah mulai dipengaruhi dengan budaya asing, SMP N 1 Ciawi memasukkan kurikulum dansa dalam pelajaran ekstrakulikuler dalam materi pembelajarannya.. kenapa rakyat masih terlena…melihat generasi penerus bangsa dirusak seperti ini..”. Ujar narasi netizen.

Meski demikian, pihak Humas SMPN 1 Ciawi memberi klarifikasi atas nyinyiran netizen tersebut.

Penjelasan SMPN 1 Ciawi, Bogor

Klarifikasi Pihak SMPN 1 Ciawi

Klarifikasi Pihak SMPN 1 Ciawi

Melalui unggahan akun Instagramnya @smpn1Ciawi_ pun mengklarifikasinya.

Kami izin klarifikasi:

“Anak-anak ini memang siswa/i dari sekolah kami, kebetulan mereka adalah atlet cabang olahraga Dance Sport, pemenang medali emas PORPROV Jabar 2022.”

Mereka secara mandiri ikut lomba atas nama sendiri, pihak sekolah hanya turut bangga dan mengapresiasi prestasi yang mereka persembahkan untuk Kabupaten Bogor.

Mungkin masih sedikit orang yang mengenal cabang olahraga ini. Dance Sport adalah cabang olahraga yang memadukan Seni Tari dan penguasaan teknik dan stamina fisik sehingga memberikan pertunjukan yang artistik.

Dance Sport dinaungi oleh Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI).  Juga diperlombakan bagi atlet-atlet difabel, dimana mereka mengikuti Dance Sport dengan menggunakan kursi roda.

Jadi, sebelum mengambil kesimpulan mohon di kroscek dulu ke pihak terkait sebelum memposting dan memviralkannya.

Di SMPN 1 Ciawi sendiri TIDAK ADA EKSKUL Dance Sport ataupun memasukkan Dance Sport ke dalam kurikulum pembelajaran sekolah.

Sekali lagi kami luruskan, mereka ini atlet yang ikut atas nama pribadi dan dilatih oleh pelatih profesional Kabupaten Bogor untuk ikut dalam ajang PORPROV JABAR 2022. Dan berhasil menyumbangkan 3 medali emas.

Tanggapan Agnes Mo

Video ini jadi pembicaraan warganet nahkan artis Agnez Mo pun ikut berkomentar.

Agnez Mo menyatakan prestasi para siswa tersebut harusnya didukung, bukan dijatuhkan.

Bahkan Agnez Mo juga sangat menyayangkan jika sebuah prestasi dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai hal yang memalukan atau salah.

Karena seharusnya prestasi yang viral seperti kedua pelajar SMP Negeri 1 Ciawi tersebut diberikan support penuh dan dijadikan sebagai motivasi bagi anak-anak muda yang lain.

“Hi @smpn1ciawi-bogor this is Agnes Mo. Kalau boleh, sepertinya punya prestasi itu bukan sesuatu yang harus “minta maaf”kok. Punya anak berprestasi itu dibanggakan aja…:)”. tulis agnez mo yang dikutip dari kompas.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru