Waduh! Mobil Hyundai Stargazer Ikut Uji Tabrak Begini Hasilnya

Hani Hnsa 0 Komentar

Hyundai Creta dan Hyundai Stargazer merupakan model teranyar yang baru ikut uji tabrak oleh Asean New Car Assessment Programme (ASEAN NCAP).

INDIFFS.COM – Hyundai Creta dan Hyundai Stargazer merupakan dua model teranyar yang baru ikut uji tabrak oleh Asean New Car Assessment Programme (ASEAN NCAP).

Dari hasil tes uji tabrak yang dilakukan, Hyundai Stargazer mendapatkan penilaian bintang 4/5. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan kompetitor yang lain, misalnya Toyota Veloz. Pasalnya, Toyota Veloz yang diuji tabrak oleh ASEAN NCAP mendapatkan penilaian 5/5.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh ASEAN NCAP diketahui Hyundai Stargazer yang diuji coba adalah varian ACTIVE. Varian tersebut bukan varian tertinggi yang dimiliki oleh Hyundai Stargazer yakni Prime.

Hasil pengujian mobil ini mendapatkan total poin 66,48 untuk seluruh kategori penilaian. Jika dijabarkan, Hyundai Stargazer meraih poin 31,21 untuk perlindungan penumpang dewasa. Selanjutnya, mobil ini juga mendapatkan 14,48 poin untuk perlindungan penumpang anak.

Penilaian lainnya yang diberikan adalah 12,04 poin untuk perangkat keamanan. Ada juga tambahan poin lainnya sebesar 8,75 poin untuk keamanan terhadap pengendara motor.

Disebutkan bahwa Stargazer masih dapat ditingkatkan lagi keamanannya. Khususnya dari segi perlindungan penumpang dewasa alias Adult Occupant Protection (AOP).

Laporan dari tes tabrak Hyundai Stargazer menyebutkan bahwa pengemudi bisa mengalami cedera pada dada dan kaki kanan jika terjadi kecelakaan tabrakan dari depan. Sedangkan, untuk kecelakaan tabrakan dari samping, Stargazer hanya bisa memberikan perlindungan maksimal pada dada dari pengemudi. Di sisi lain, penumpang mobil di kursi depan justru tetap stabil dalam uji offset frontal.

Pada uji lainnya, ASEAN NCAP memberikan skor tinggi untuk Stargazer dalam penilaian Safety Assist dan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor yang menilai AEB dan monitor titik buta.

Fitur Keamanan Stargazer

Berbicara mengenai fitur, Hyundai Stargazer fitur varian Active memang tidak sebanyak pada Prime. Dalam spesifikasi Hyundai, Stargazer memiliki fitur sebagai berikut:

  • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
  • LAne Keeping Assist (LKA)
  • Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)

Fitur berbasis radar yang tergabung dalam Hyundai Smartsense juga absen dalam Stargazer varian Active tersebut.

Di Thailand, varian Active tersebut sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Control sebagai standar bersama dengan fitur lain seperti Lane Departure Warning, Forward Collision Warning, dan Lane Keeping Asssist sebagai standar.

Lalu ada juga fitur lain yang ditawarkan seperti Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, AEB Pedestrian, Blind Spot Detection, serta Auto High Beam sebagai opsi di beberapa varian.

Sementara mesin yang diandalkan yaitu 4-silinder 1.497 cc MPI bensin dengan tenaga yaiut 115 PS dan torsi 14,7 kgm, serta pilihan transmisi manual 6 percepatan dan IVT.

Dari deretan fitur yang disajikan, Hyundai Stargazer mampu memberikan perlindungan terhadap penumpang dewasa dengan torehan 31.21 poin, perlindungan anak 14.48 poin, perangkat keamanan 12.04 poin, dan 8.75 poin untuk keamanan pengendara motor. Secara keseluruhan, dengan nilai tersebut Stargazer mendapatkan empat bintang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru