Bacaan Ayat Kursi Serta Keutamaannya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Ayat Kursi merupakan ayat agung karena terkandung sejumlah nama dan sifat Allah SWT. Berikut bacaan ayat kursi dan keutamaan nya!

Indiffs – Ayat Kursi merupakan ayat ke-255 pada surat Al Baqarah dalam Al Quran. Ayat Kursi ini adalah ayat agung karena terkandung sejumlah nama dan sifat Allah SWT seperti Al Hayyu dan Al Qayyum. Berikut ini bacaan dan keutamaan Ayat Kursi.

Adapun keagungan ayat kursi itu sendiri tertuang dalam hadits riwayat Tirmidzi yang berbunyi sebagai berikut: “Seperti diceritakan Abdullah bin Mas’ud: ‘Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi [karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah].’ Sufyan ats-Tsauri berkata, ‘Sebab ayat kursi merupakan [salah satu] kalamullah [perkataan Allah], sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi’.”

Dari hadist tersebut tentu kita bisa memperoleh manfaat dan keutamaan bila membacanya. Berikut bacaan ayat kursi serta keutamaannya.

Bacaan Ayat Kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la huu maa fissamaawaati wamaa fil ardh, man dzalladzi yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa baina aidihim wamaa khalfahum, wa laa yuhithuuna bisyay in min ‘ilmi Hii illa bimaa syaa’, wa si’a kursiyyuhus samaawaati wal ardhi, wala ya uudu huu hifzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim.

Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha tinggi, Maha besar.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Membaca Ayat Kursi juga memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya membaca setelah selesai sholat wajib maupun sunnah dapat mempertebal iman dan pahala. Adapun beberapa keutamaan apabila membaca ayat kursi sebagai berikut:

1. Kepala dari Semua Ayat Al-Quran

Ayat kursi disebut sebagai kepala ayat ayat Al-Quran. Abu Hurairah berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda terkait hal ini yang bunyinya:

“Di dalam surat Al-Baqarah ada satu ayat yang menjadi kepala kepada semua ayat ayat Al-Qur’an, tidak dibaca ayat itu di dalam rumah yang ada setan di dalamnya melainkan ia keluar daripada rumah itu yaitu ayat kursi.”

2. Dijauhkan dari Godaan Setan

Apabila dibaca sebanyak 12 kali pada hari jum’at maka akan dijauhkan dari kejahatan setan. Sebagiamna Rasulullah SAW bersabda,

“Umatku yang membaca Ayat Kursi sebanyak 12 kali pada pagi Jumat, kemudian berwudhu dan melaksanakan sholat dua rakaat, Allah memeliharanya dari kejahatan setan dan kejahatan pembesar.”

3. Dimudahkan Segala Urusan

Syeikh Al-Bunni menerangkan bahwa barang siapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak huruf pada ayat tersebut yaitu 170 huruf, maka Allah akan memberikan pertolongan padanya, mempermudah segala hajat yang ia punya, melapangkan fikirannya sehingga lebih mudah berfikir, diluaskan rezekinya, dihilangkan duka darinya, dan diberikan apa yang ia minta.

4. Mendapat Perlindungan

Keutamaan lainnya apabila membaca Ayat Kursi yaitu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT saat melakukan perjalanan. Bagi orang yang membaca Ayat Kursi saat perjalanan ataupun saat ingin memulai perjalanan, maka Allah akan memudahkan perjalanannya dan akan dilindungi selama perjalanannya.

5. Masuk Surga

Apabila membaca ayat kursi setelah shalat 5 waktu maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian. Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram). Maksudnya, tidak ada yang menghalanginya masuk surga ketika mati.

6. Dijaga Tidurnya Hingga Pagi Hari

Apabila dibacakan sebelum tidur, maka Allah akan senantiasa dijaga dan setan pun tidak akan mendekati hingga pagi hari. Hal ini dapat dilihat dari pengaduan Abu Hurairah pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang seseorang yang mengajarkan padanya ayat kursi.

Abu Hurairah menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?” “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Dia adalah setan.” (HR. Bukhari no. 2311).

Itulah bacaan serta keutamaan membaca Ayat Kursi, semoga kita senantiasa mengagungkan Allah dengan membaca Ayat Kursi tersebut.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru