Waktu Belajar yang baik Untuk Otak, Bisa Jadi Lebih Paham!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ada beberapa waktu yang belajar yang baik untuk Otak agar cepat memahami dan lancar. Salah satunya di pagi hari. Simak selengkapnya disini!

INDIFFS.COM – Otak merupakan organ terpenting bagi manusia dalam menunjang keseharian mulai dari pikiran, fisik dan lainnya. Tak hanya tubuh, otak manusia memiliki irama tersendiri sehingga ada waktu belajar yang baik untuk otak. Sebagian orang kurang memperhatikan atau sadar akan cara kerja otak dan kapasitas yang mampu dihadapi. Sehingga banyak pekerjaan otak yang kurang maksimal.

Kapan Waktu Belajar yang Paling Baik untuk Otak?

Nah, disini kami akan mengajak kamu untuk mencari tahu kapan waktu belajar yang tepat agar materi yang kamu pelajari bisa terserap dengan maksimal. Yuk simak uraian lebih lengkapnya di bawah ini:

  • Pukul 06.00-9.00 

Pada pagi hari di jam-jam ini, tekanan darah lotta sedang tinggi, sehingga biasanya kita merasa penuh semangat. Jika lesu dan mengantuk, cobalah berjemur sebentar. Sinar matahari pagi dapat membantu jam biologis badan dan membuat kita bersemangat lagi untuk memanfaatkan jam belajar yang baik ini.

  • Pukul 09.00-10.59

Pukul 9 hingga 11 merupakan waktu yang dianggap paling produktif untuk beraktivitas. Pada waktu-waktu ini otak manusia akan mengeluarkan hormon stres sehingga apa yang dilakukan seseorang bisa dilakukan dengan fokus atau konsentrasi sempurna. Maka dari itu, setelah kita mengetahui hal tersebut disarankan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan dari sekolah pada jam-jam ini, ya.

  • Jam 11.00-13.59

Jam-jam siang hari dari pukul 11 sampai 2 siang adalah waktu yang cocok untuk melakukan tugas yang sulit, karena biasanya pada waktu ini hormon tidur akan menurun. Dalam waktu ini tidak disarankan melakukan tugas secara bersamaan karena bisa membuat kamu mudah kehilangan fokus.

  • Jam 14.00

Pada pukul 2 siang asupan darah atau oksigen akan sedikit berkurang, disebabkan karena ketika makan siang, tubuh akan menarik darah dari otak ke perut. Sehingga, asupan darah atau oksigen akan berkurang. Pada waktu ini disarankan untuk beristirahat sejenak dari kegiatan belajar mu.

  • Pukul 15.00-17.00

Pada waktu-waktu ini otak sudah sangat lelah sehingga disarankan supaya kamu bisa lebih bersantai atau mendistraksi dirimu dengan berinteraksi sejenak dengan teman sebaya.

Saat waktu ini otak benar-benar lelah, jadi usahakan melakukan kegiatan yang berbeda bersama teman agar bisa lebih santai, misalnya kerja kelompok. Meski otak tidak terlalu tajam, tapi seseorang akan merasa lebih santai dan tekanan tubuhnya juga lebih rendah.

  • Pukul 18.00-19.59

Waktu terbaik untuk mengerjakan tugas pribadi karena otak masuk dalam masa pemeliharaan, yaitu ketika produksi melatonin (hormon tidur) masih berada di level rendah. Kondisi otak pada jam-jam ini tak setajam sebelumnya, namun seseorang akan merasa lebih santai dan tak merasa tertekan.

Pada jam-jam ini disarankan kamu bisa mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan pribadi mu, misalnya membuat catatan harian atau mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah.

  • Jam 20.00-21.59

Pada jam-jam ini kamu disarankan untuk mulai bersantai dan biasanya sudah mulai mengantuk karena produksi hormon melatonin yang mulai meningkat. Sehingga, waktu ini paling cocok untuk meninggalkan pekerjaan atau tugas sekolah dan mulai untuk bersantai dengan mengistirahatkan diri. 

  • Pada Jam 10.00 ke atas

Waktu ini merupakan waktunya istirahat malam dan tidur. Kamu bisa mengatur cahaya dalam ruangan karena pengaturan cahaya akan dapat membantu membiarkan otak beristirahat. Biasakan tidur dengan cukup sebanyak 8-9 jam per hari, sehingga bisa mendapatkan kesehatan dan energi yang optimal di pagi hari.

Itulah beberapa waktu yang tepat untuk belajar. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru