Waspada! 5 Kebiasaan Ini Membuat Handphone (HP) Cepat Rusak

Dini NHaH 0 Komentar

Handphone (HP) kini menjadi salah satu perangkat wajib yang dimiliki setiap orang, hampir semua kegiatan saat ini banyak mengandalkan HP.

indiffs Handphone (HP) kini tampaknya telah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari aktivitas pengguna. Dari pagi hari hingga malam menjelang, HP seakan tak pernah lepas dari genggaman pengguna.

Kondisi sebuah handphone biasanya akan tergantung pada pemakaiannya oleh si pemilik. Tidak jarang, perangkat tersebut rusak lantaran kecerobohan pengguna sehingga harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya service atau membeli handphone baru.

Berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang bisa membuat HP cepat rusak. Ingat agar tidak lagi melakukannya untuk memperpanjang usia HP kamu.

1. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Hampir setiap HP memiliki desain baterai dan sistem pengisian daya yang berbeda-beda. Bila pengguna tidak memakai perangkat pengisi daya atau charger yang sesuai maka kemampuan baterai HP bisa cepat rusak.

Dengan demikian, cara merawat handphone yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan charger orisinal atau setidaknya charger yang memiliki output tegangan sesuai kemampuan baterai.

2. Tidak Menggunakan Screen Protecter

Kominfo menuliskan layar HP terbaru sudah ada yang menggunakan bahan yang canggih. Namun untuklebih aman dan tenang, sebaiknya tetap menggunakan screen protector.

3. Tidak Melakukan Update Software

Nah kebiasaan yang sering banget dilakukan pengguna. Padahal sudah jelas saat ini smartphone menganut sistem pintar. Setiap vendor sistem operasi (Android dan iOS) biasanya menyediakan update yang mencakup peningkatan fitur, kinerja hingga keamanan.

Karena itu jangan biasakan tidak pernah melakukan update software ya. Meskipun mungkin terkadang ukuran update-nya besar, namun untuk kenyamanan pemakaian kedepan tetap worth it.

4. Melakukan Rooting

Melakukan rooting atau membobol sistem operasi guna mendapat akses HP secara penuh juga perlu kita hindari. Kendati bisa mengoperasikan HP sesuai keinginan secara maksimal, rooting di satu sisi juga membawa permasalahan sistem keamanan yang sangat serius. Oleh sebab itu, sebiaknya hindarilah untuk melakukan rooting pada HP.

5. Cas HP Sambil Bermain Game

Kebiasaan mengisi daya atau cas yang dibarengi dengan bermain game bisa turut membuat HP rentan mengalami kerusakan. Untuk menjalankan game, HP biasanya perlu bekerja secara ekstra.

Saat HP bekerja secara ekstra, suhunya bakal menjadi panas. Bila bermain game dan cas dilakukan secara bersamaan, suhu panas tersebut akan semakin meningkat drastis. Sementara itu, beberapa komponen HP mungkin akan cepat rusak, seperti baterai, apabila terus menerus terpapar dengan suhu panas ekstrem akibat aktivitas tersebut. Oleh karena itu, hindarilah melakukan aktivitas cas HP sambil bermain game.

Nah, itulah lima kebiasaan pengguna yang jadi penyebab Hp cepat rusak dan perlu dihindari, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru