Waspada! 8 Penyebab Jari Tangan Sering Kaku dan Kesemutan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Jari tangan yang kaku dan kesemutan kerap menyebabkan ketidaknyamanan. Untuk itu ketahui penyebab jari tangan kaku dan kesemutan berikut ini!

INDIFFS.COM – Mungkin sebagian dari kamu kerap mengalami kesemutan dan sulit digerakan pada jari tangan. Namun, apa jadinya jika hal tersebut sering terjadi. Untuk itu, ketahui penyebab jari tangan sering mengalami kesemutan dan kaku.

Pasalnya, jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, kemungkinan akan menyebabkan ketidaknyamanan serta aktivitas akan terganggu. Tentunya, hal ini tidak boleh disepelekan.

Penyebab Jari Tangan Kesemutan dan Kaku

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui.

1. Diabetes

Ini menjadi salah satu penyebab paling umum yang sering terjadi. Hal ini karena, gangguan saraf yang memicu terjadinya kesemutan pada jari tangan kamu. Selain itu, kondisi ini bisa menyebabkan kram, kaku, atau kebas baik pada tangan ataupun kaki.  Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan neuropati diabetik.

2. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome ini merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan tangan termasuk jari tangan kesemutan, lemah dan terasa nyeri. Hal ini terjadi pada saat adanya tekanan pada sarat di dalam pergelangan tangan.

Biasanya ini sering terjadi pada seseorang yang selalu beraktifitas atau pekerjaan yang melibatkan jari. Misalnya, mengetik, mencuci, atau yang lainnya.

3. Rheumatoid Arthritis

Merupakan salah satu penyakit autoimun yang bisa menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi. Akibat kondisi ini akan memicu terjadinya kram, kebas dan rasa terbakar pada tangan termasuk jari tangan.

4. Penyakit Raynaud

Penyakit ini merupakan kondisi ketika beberapa bagian tubuh terasa kaku dan dingin saat keadaan tertentu. Selain itu, kondisi ini juga diakibatkan oleh penyempitan arteri yang berukuran kecil sehingga aliran darah ke kulit semakin sedikit.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan terjadinya kesemutan pada jari tangan kamu. Untuk itu, bagi seseorang yang mengalami kondisi ini perlu mengonsumsi obat serta mengenakan pakaian yang hangat untuk menghindari munculnya gejala yang lebih parah.

5. Saraf Kejepit

Penyebab selanjutnya ialah terjadinya saraf yang kejepit. Saraf terjepit sendiri terjadi pada area tulang belakang karena adanya perubahan pada tulang ataupun sendi.

Walau, tidak secara langsung terjadi pada area jari, saraf terjepit ini akan menyebabkan rasa kebas serta kaku pada tangan seseorang.

6. Infeksi

Infeksi menjadi salah satu penyebab yang bisa membuat jari tanganmu kesemutan. Hal ini karena infeksi bisa menyerang dan merusak saraf. Adapun beberapa jenis infeksi seperti, HIV, Sifilis, Lyme, hingga Hansen. Kendati demikian, infeksi tersebut yang terjadi tidak membuat selamanya jari terasa kaku.

7. Kekurangan Vitamin

Jari tangan kesemutan juga dapat terjadi akibat kekurangan asupan vitamin, terutama vitamin B1, B6, B12, dan vitamin E. Hal ini karena beberapa vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan fungsi saraf.

Jika kekurangan beberapa vitamin tersebut, kemungkinan akan terjadi beberapa kondisi. Seperti kulit tampak pucat, lemas, lesu, sakit kepala, tidak nafsu makan, hingga nyeri otot.

8. Efek Samping dari Obat-obatan

penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan efek samping berupa kesemutan. Adapun efek samping ini umumnya akan membaik setelah pengobatan tersebut selesai. Beberapa penggunaan obat tertentu, ialah seperti amiodarone, metronidazole, phenytoin, dan obat-obatan kemoterapi.

Demikian beberapa penyebab Jari tangan sering kesemutan. Meskipun bersifat sementara dan tidak berbahaya, namun jika keluhan ini sering kambuh, dan tidak reda dalam waktu lama sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru