Waspada! Bahaya Mengonsumsi Makanan Kaleng Bagi Kesehatan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Makanan kaleng ini memang praktis dan mudah untuk disajikan, namun perlu diketahui dalam mengonsumsinya bahkan dapat menimbulkan penyakit.

Indiffs – Makanan kaleng ini memang praktis, apalagi ini sering di perlukan pada sebagian orang yang super sibuk sehingga memutuskan untuk mengonsumsi makanan kaleng saja. Namun ini perlu diketahui oleh setiap orang khususnya, ternyata sering mengonsumsi makanan kaleng ini dapat menimbulkan penyakit tertentu pada tubuh dan bahkan ini bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. Makanan praktis ini memang sangat memudahkan apalagi, jika ingin berpergian jauh ini bisa jadi salah satu barang bawaannya.

Bahaya Makanan Kaleng

Hal ini tentu perlu di ketahui bagi setiap orang yang sering mengonsumsi makanan kaleng, karena terdapat kandungan yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

1. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan. Bahkan apabila ini terlalu banyak dikonsumsi dapat membuat saluran pencernaan terpapar bahan kimia, yang dapat menimbulkan pengendapan dalam usus, dan pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, seperti diare dan sakit perut. Tentu pastinya hal ini tidak diinginkan, apalagi berkepanjangan.

2. Dapat Meningkatkan Resiko Kanker

Perlu di waspadai terhadap hal ini, konsumsi yang satu ini sangat awet dan tahan lama. Pada saat itulah hal ini pasti memiliki pengawet serta bahan kimia yang mampu bertahan lama. Terlalu banyak mengonsumsi bahan pengawet tersebut dapat mendorong pertumbuhan sel kanker, yang dapat menimbulkan risiko berbagai macam penyakit kanker lainnya.

3. Bisa Menyebabkan Alergi

Penambahan bahan tambahan pada makanan tujuannya untuk menambah rasa atau mewarnai makanan agar lebih menggoda selera. Namun, perlu diketahui kandungan yang terdapat di dalamnya ini bukanlah nutrisi alami. Sehingga pada seseorang yang reaktif dengan bahan kimia tersebut akan mengalami beberapa gejala alergi, seperti gatal-gatal bahkan bisa menyebabkan sesak nafas.

4. Menyebabkan Diabetes

Makanan Kaleng ini pastinya berwadah dengan bahan utama kaleng, Perlu di ketahui bahan ini mudah berkarat apabila jika disimpan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Maka dari itu, biasanya produsen penghasil makanan kaleng menambahkan zat anti karat atau disebut Bisphenol A. Dikutip dari orami, apabila terus menerus mengonsumsi dengan menggunakan material zat anti karat tersebut akan dapat menyebabkan penghambatan insulin yang bisa mengontrol gula darah dalam tubuh yang mengakibatkan diabetes.

5. Menyebabkan Gangguan Saluran Kemih

Pemanis buatan yang digunakan pada kalengan ini biasanya sulit untuk dicerna oleh tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada ginjal serta saluran kemih.Agar hal ini tidak terjadi maka kurangi mengonsumsi kalengan dan menggantinya dengan berbagai macam makanan segar dan bernutrisi, dapat menghindarkan kamu dari gangguan pada saluran kemih.

6. Mengurangi Kandungan Nutrisi

Mengonsumsi makanan dengan material kalengan ini berbeda dengan mengonsumsi makanan asli, yang pastinya ini dapat mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. Jadi apabila kamu mengonsumsinya rasa lapar kamu pasti akan terpenuhi akan tetapi kandungan nutrisi tidak tercukupi.

Itulah beberapa bahaya yang perlu diwaspadai bagi setiap orang yang mengonsumsinya karena bisa saja hal ini terjadi pada tubuh mu apabila tidak diiringi dengan pola makan yang sehat dan teratur. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru