Waspada, Inilah 7 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Admin 0 Komentar

Menstruasi tidak lancar sering kali menimbulkan rasa khawatir pada sebagian wanita. Kondisi ini dapat berupa siklus mentruasi yang memendek atau memanjang, bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali.

indiffsMenstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim yang disertai keluarnya darah dari vagina. Hal ini menjadi siklus wajib bagi wanita setiap bulannya. Jika menstruasi tidak teratur maka ada penyebab yang bisa mengganggu kesehatan.

Yuk, simak penyebab menstruasi tidak lancar di bawah ini:

1. Menopause

Menjelang menopause umumnya menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Hal ini karena produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.

2. Stress

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat memengaruhi gaya hidup menjadi tidak sehat. Saat stres melanda, biasanya kamu juga ikut mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan. Selain itu bisa diakibatkan pola diet ekstrem yang kurang tepat, sehingga berdampak pada siklus haid tidak normal.

3. Masa Pubertas

Menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan karena seorang remaja mengalami masa pubertas. Kondisi ini sangat umum terjadi pada remaja perempuan, sehingga tidak perlu panik dengan kondisi ini. Pada umumnya, remaja akan mengalami keterlambatan menstruasi selama kurang lebih 2 minggu.

4. Pola Hidup

Menstruasi tidak lancar dapat disebabkan oleh aktivitas olahraga yang berlebihan, penurunan berat badan secara drastis karena diet, atau berat badan berlebih (obesitas). Hal-hal tersebut dapat menyebabkan hipogonadisme atau kurangnya hormon reproduksi yang bertugas untuk mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memengaruhi siklus menstruasi kamu.

5. Ovarium Prematur

Insufisiensi ovarium prematur adalah kondisi yang terjadi pada wanita di bawah usia 40 tahun, dimana indung telurnya tidak berfungsi secara normal. Keadaan tersebut memengaruhi siklus haid jadi berhenti bahkan mirip dengan fase menopause.

Hal ini dapat terjadi wanita yang sedang menjalani kemoterapi dan radiasi, memiliki riwayat keluarga dengan insufisiensi ovarium prematur, atau kelainan kromosom tertentu.

6. Jarang Berolahraga

Kebiasaan jarang berolahraga sangat tidak baik untuk tubuh. Karena olahraga bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan siklus haid. Sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas sedang untuk mencegah haid tidak lancar.

7. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan kelainan hormonal yang terjadi pada wanita. Wanita dengan PCOS dapat mengalami periode haid yang sangat jarang atau justru berkepanjangan.

Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur yang menyebabkan wanita penderita PCOS tidak mengalami haid atau mengalami haid, tetapi darah yang keluar hanya sedikit

Nah, itulah beberapa penyebab menstruasi tidak lancar. Semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru