Waspada! Ternyata Ini Bahaya Kandungan Ciki Ngebul yang Viral

Resa Azzahra 0 Komentar

Kementerian Kesehatan menegaskan makanan ice smoke atau ciki ngebul atau cikbul yang sangat bahaya bagi kesehatan. Cek selengkapnya!

INDIFFS.COM – Banyak kasus keracunan yang dialami oleh anak-anak. Salah satu penyebabnya terdapat dari kandungan bahaya yang ada dalam ciki ngebul (cikbul). Dalam kasusnya, ada beberapa anak menjalani meja operasi karena kebocoran lambung yang di akibatkan oleh keracunan nitrogen cair.

Jajanan cikbul sendiri terbuat dari kandungan nitrogen cair dengan tujuan mendinginkan makanan maupun minuman dengan cepat.

Saat digunakan, cairan ini memapar ke makanan yang ingin dibekukan, kemudian menguap dan berubah menjadi gas. Sehingga, terjadilah sensasi asap pada makanan saat berada di mulut.

Bahaya Nitrogen Cair

Walaupun banyak digemari oleh bayak masyarakat, terkhususnya anak-anak. Kandungan nitrogen cair sendiri memang tidak beracun, akan tetapi dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan serta keselamatan.

Dalam keterangan resmi, Kemenkes meminta pada semua pihak untuk berwaspada terhadap bahaya konsumsi jajanan Ice Smoke atau yang sering disebut sebagai Ciki Ngebul. Sebab, ada banyak kasus keracunan parah akibat konsumsi kandungan Nitrogen cair berlebih yang ada dalam Ice Smoke.

Dijelaskan juga bahwa penggunaan nitrogen cair pada makanan siap saji berlebih serta dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Bahaya cikbul diantaranya:

  1. Radang dingin
  2. Luka bakar (cold bum) di jaringan kulit
  3. Tenggorokan terbakar
  4. Kebocoran Lambung
  5. Kesulitan bernafas (Menghirup uap asa Nitrogen)

Korban Ciki Ngebul

Ada beberapa laporan mengenai ciki ngebul yang bisa menjadi bukti akan bahayanya Cikbul untuk dikonsumsi, terlebih pada kandungan Nitrogennya:

  1. Kasus Anak SD mengalami luka bakar akibat mengonsumsi Ice Smoke pada Bulan Juli 2022 di Kabupaten Ponorogo.
  2. Terjadi KLB keracunan pangan sejumlah 23 orang dan 1 orang diantaranya dirujuk ke RS. Gejala timbul setelah mengonsumsi jajanan Ice Smoke.
  3. Pada 21 Desember 2022 terjadi di UGD RS Saji Haji Jakarta. Ada pasien berumur 4,2 memiliki keluhan nyeri perut yang hebat setelah jajan jenis Ciki Ngebul.

Ciki ngebul sendiri merupakan jajanan kekinian yang banyak dijual dan dicari karena keunikan nya. Sebab, ciki ini dapat mengeluarkan asap yang berasal dari nitogen cair atau liquid nitrogen yang berada di dalam suhu sangat rendah. Zat ini mungkin tidak beracun, akan tetapi zat tersebut dapat memicu terjadinya kerusakan pada kulit hingga organ.

Dalam peristiwa ini sebaiknya kita hindari mengonsumsi jajanan sembarangan yah. Untuk menambah wawasanmu, jangan lupa untuk selalu membaca ilmu disini ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru