Whiteheads (Komedo Putih): Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Whiteheads atau komedo putih ini kerap terjadi pada sebagian orang, hal ini terbentuk karena bakteri terperangkap di dalam pori-pori. 

INDIFFS.COMWhiteheads atau komedo putih ini sering kali muncul di area wajah. Terlebih ini merupakan jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori.

Biasanya, whiteheads atau komedo putih ini timbul pada bagian area wajah di sekitar dahi dan hidung atau zona T, karena membentuk seperti huruf T. Mengapa sering muncul di area tersebut, karena daerah itu memiliki kandungan minyak lebih banyak dari bagian muka lainnya.

Kondisi ini sangat umum dan terjadi pada siapa saja, baik perempuan ataupun laki-laki. Namun, masalah kulit ini lebih sering dialami oleh anak remaja yang sedang puber. Ataupun wanita yang terutama sedang dalam masa menstruasi, hamil, dan menopause karena pengaruh hormon.

Gejala Whiteheads atau Komedo Putih

Untuk gejala ataupun tanda komedo putih ini muncul, tergantung pada kondisi keparahan kulit wajah seseorang. Namun, biasanya komedo putih ini sering ditandai dengan adanya bintik-bintik berwarna putih atau sewarna kulit yang umumnya akan terasa menonjol saat diraba.

Adapun beberapa gejala yang sering terjadi ialah, sebagai berikut:

  • Munculnya benjolan kecil berwarna berisi cairan putih.
  • Benjolan menutup pori-pori.
  • Muncul di sekitar area kulit yang berminyak, seperti T-zone, dada, punggung, dan lengan.

Penyebab Whiteheads

Untuk penyebab utama munculnya komedo putih ini ialah sama seperti penyebab jerawat pada umumnya, yakni karena terjadinya penyumbatan pori-pori.

Namun, ada penyebab lain yang mengakibatkan komedo putih ini sering muncul, diantaranya:

  • Kulit berminyak, baik karena pelembab kulit maupun cuaca yang lembap.
  • Paparan bahan kimia, seperti isopropyl myristate, propylene glycol, dan beberapa pewarna kosmetik.
  • Pecahnya folikel rambut, misalnya akibat memencet jerawat, mencuci muka secara berlebihan, peeling menggunakan bahan kimia, atau terapi laser.
  • Makanan, terutama yang mengandung susu, serta kadar gula dan lemak yang tinggi.
  • Kulit yang terlalu kering.

Faktor Risiko

Adapun berikut beberapa faktor yang diyakini dapat meningkatkan risiko tumbuhnya komedo putih:

  • Faktor genetik, seperti memiliki keluarga dengan riwayat berjerawat.
  • Faktor psikologis, seperti stres berlebihan atau mengalami gangguan kecemasan.
  • Menopause.
  • Pubertas.
  • Menstruasi.
  • Kehamilan.
  • Kebiasaan merokok.

Cara Mengatasi

Meskipun demikian, jika kamu tengah mengalaminya, kamu tak perlu khawatir. Karena, ada beberapa perawatan wajah yang dapat dicoba sebagai cara untuk mengatasi whiteheads atau komedo putih.

Gunakan Uap Hangat pada Wajah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah menggunakan uap hangat pada wajah kamu. Dengan melakukan hal ini, akan mendorong pori-pori tersumbat jadi terbuka.

Adapun langkah yang sebaiknya dilakukan ialah, merebus air hingga mendidih, kemudian tuangkan pada mangkuk. Setelah itu, arahkan uap pada kulit yang terdapat komedo, kamu bisa menunggunya selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Menggunakan Oat Meal Scrub

Alih-alih menggunakan perawatan wajah yang mengandung oatmeal, sebaiknya kamu mencobanya dengan oatmeal buatan sendiri di rumah. Tentunya jika menggunakan oatmeal ini memiliki manfaat yang bagus, terutama pada wajah.

Adapun langkah yang sebaiknya dilakukan ialah dengan mencampurkan gandum utuh dan yogurt tawar dengan porsi yang sama. Setelah itu, oleskan pada wajah dan tunggu 10 hingga 15 menit, lalu bilas.

Menggunakan Asam Salsilat

Kandungan asam salsilat ini mampu membantu dan menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak. Selain itu asam salsilat juga berperan penting, terutama dalam melarutkan sel-sel kulit mati dan bisa mencegah folikel rambut tersumbat. Untuk itu, cobalah produk pembersih wajah yang memiliki kandungan asam salsilat.

Asam Azeliac

Cara selanjutnya ialah menggunakan asam azeliac, atau produk skincare yang memiliki senyawa yang satu ini. Hal ini karena senyawa asam azelaic dapat membunuh mikroorganisme pada kulit dan mengurangi pembengkakan.

Asam azeliac juga merupakan asam alami yang sering ditemukan dalam berbagai biji-bijian seperti barley, gandum dan gandum hitam.

Retinoid

Selanjutnya coba untuk menggunakan krim skincare yang memiliki kandungan retinoid. Retinoid sendiri merupakan salah satu bentuk vitamin A yang dapat mengurangi peradangan.

Tentunya jenis vitamin A ini dinilai cukup efektif untuk mempercepat penyembuhan peradangan kulit akibat penyumbatan pori-pori.

Jangan Memencet Komedo

Tangan menjadi sumber penyebaran bakteri, terlebih jika kamu telah memegang benda-benda kotor. Untuk itu, hindari memegang bahkan memencet komedo, pasalnya dengan memencet komedo ini bisa memperbesar risiko terjadinya infeksi bila tangan kamu tidak bersih saat menyentuh wajah.

Itulah penjelasan mengenai Whiteheads atau komedo putih yang kerap terjadi pada sebagian orang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru