6 Tips Melamar Pekerjaan Yang Baik Agar Cepat Diterima

Wiwin Indriani 0 Komentar

Saat lamar kerja, tentunya ada banyak kandidat yang melamar. Oleh karena itu, simak tips melamar pekerjaan berikut ini agar cepat diterima. 

INDIFFS.COM – Lowongan kerja memang terbuka sangat luas, namun jumlah orang yang melamar pekerjaan setiap tahunnya bertambah. Hal ini membuat persaingan melamar pekerjaan bisa semakin ketat. Bagi kamu yang hendak melamar, kamu harus mengetahui tips melamar pekerjaan yang baik agar bisa memiliki nilai tambahan tersendiri untuk HRD. Sehingga HRD tertarik untuk merekrut kamu.

Tips Melamar Pekerjaan

Saat melamar kerja di suatu perusahaan, tentunya ada banyak kandidat yang melamar. Oleh karena itu, simak tips melamar pekerjaan berikut ini agar cepat diterima:

1. Memilih Bidang yang Sama

Apabila kamu memilih untuk melamar pekerjaan pada bidang yang sama dengan posisi kamu saat ini, maka pihak HRD akan melihatnya sebagai satu nilai tambahan. Kamu bisa menggunakan pengalaman kerja yang ada saat ini atau sebelumnya, untuk meningkatkan posisi tawarmu.

Dengan begitu, perekrut bisa yakin bahwa kamu kandidat yang menekuni bidang yang dilamar, dan memang memiliki kualifikasi pada bidang tersebut. Bagi seorang fresh graduates dan belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa membuat blog, dan tulisan untuk dijadikan sebagai portofolio. Pasalnya, ini akan menjadi kekuatan tersendiri untukmu di mata HRD.

2. Menggunakan Istilah Khusus sesuai Bidang

Gunakan istilah-istilah teknis sesuai bidang yang kamu tekuni. Misalnya, peserta akan melamar pekerjaan untuk posisi Product Manager. Untuk menarik perhatian perekrut sekaligus mendapatkan poin plus, peserta bisa menyertakan Agile atau Scrum pada cover letter maupun mendiskusikan nya ketika interview atau wawancara kerja.

Bagi pelamar kerja yang mengincar posisi Digital Marketing, maka jabarkan campaign yang pernah diimplementasikan pada pekerjaan sebelumnya. Dengan begitu, HRD akan tertarik dan yakin bahwa peserta memang layak untuk mendapatkan posisi tersebut.

3. Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

Terkadang salah satu penyebab gagal lolos seleksi kerja adalah karena kamu tidak melengkapi dokumen yang diminta perusahaan, padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Karena, jika tidak bisa melengkapi dokumen yang diperlukan, maka kemungkinan besar kamu akan gagal di tahap seleksi berkas atau yang biasanya menjadi tahap pertama dalam proses rekrutmen. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen dengan selengkap mungkin.

Umumnya, setiap perusahaan memiliki dokumen persyaratan yang berbeda-beda. Namun, beberapa dokumen yang biasanya hampir selalu ada dalam syarat melamar kerja adalah CV, resume, dan ijazah. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar kerja untuk melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK.

4. Sesuaikan Resume dengan Kebutuhan Perusahaan

Tips melamar kerja yang lainnya yaitu kamu harus menyesuaikan resume dengan kebutuhan masing-masing perusahaan yang kamu incar. Jangan menggunakan resume yang sama pada setiap lowongan pekerjaan yang kamu lamar.

Buatlah resume sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan, maksudnya cantumkan hal-hal yang relevan dengan lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Satu resume mungkin relevan dengan satu lowongan, namun bisa saja kurang pas untuk lowongan lainnya.

5. Membangun Branding dari Sosial Media

Saat ini, perusahaan dalam mempertimbangkan karyawan yang akan diterima di lakukan dengan cara mengecek langsung sosial media yang kamu miliki. Cara lain dengan memasukkan nama kamu di mesin pencari untuk melihat jejak digital, siapa kamu dan apakah memiliki image yang baik atau tidak.

Apabila kamu sosok yang terkenal, tentu akan jadi poin plus bagi perusahaan menerima kamu sebagai karyawan. Sebaliknya, apabila citra kamu di dunia maya negatif, maka bersiaplah orang akan langsung menolakmu sebagai karyawan mereka.

6. Melakukan Simulasi Wawancara

Salah satu langkah yang bisa kamu ambil agar peluang diterima lebih besar adalah bersiap diri dengan berbagai pertanyaan yang mungkin muncul saat wawancara kerja. Lakukan simulasi wawancara serta cari tahu jawaban apa yang sebaiknya kamu lontarkan untuk menarik perhatian perekrut. Kamu bisa bertanya pada teman atau kenalan yang sudah terlebih dahulu berpengalaman dalam melakukan wawancara kerja.

Demikian beberapa tips untuk melamar kerja agar cepat diterima oleh HRD. Semoga ulasan ini dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru