3 Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Melalui PLN Mobile Hingga SMS

Resa Azzahra 0 Komentar

Cek tagihan listrik awal bulan kini bisa dilakukan melalui HP masing-masing pelanggan, adapun caranya sangat bisa dilakukan dimana saja.

INDIFFS.COM – Pengecekan tagihan listrik menjadi rutinitas masyarakat setiap bulannya. Cek tagihan listrik bisa dilakukan secara online di berbagai platform, mulai melalui PLN Mobile hingga SMS.

Melansir dari ‘Tagihan Listrik PLN’, pelanggan harus membayar tagihan listrik setiap bulannya hingga tanggal 20. Jika melewati tersebut, maka akan dikenakan denda yang disebut sebagai Biaya Keterlambatan atau BK. Besarnya BK tergantung dari batas daya tiap rumah tangga. Pada umumnya rumah memiliki batas daya 2.200 Volt Ampere, jadi BK yang harus dibayarkan jika telat membayar tagihan adalah Rp 10.000. Jika batas daya lebih rendah, maka BK akan lebih rendah, dan sebaliknya. Meski sudah ditetapkan tanggalnya, terkadang pelanggan lupa membayar hingga menunggak. Kalau sampai menunggak, listrik rumah bisa diputus sementara oleh PLN. Segala kegiatan rumah pun dapat terganggu dan tertunda hanya karena lupa bayar listrik. Pasti seisi rumah jadi tidak nyaman dibuatnya, maka sebaiknya bayar tagihan listrik tepat waktu.

Pada zaman digital seperti sekarang, PLN juga berusaha memberikan layanan yang mempermudah pelanggannya dan bekerja sama dengan berbagai pihak agar pelanggan dapat mengecek serta membayar tagihan dengan super mudah. Waktu pun tidak terbuang, begitu pun tenaga bisa terjaga untuk mengerjakan hal lain. Mengecek tagihan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, bahkan jika tengah malam sekalipun.

Cara Cek Tagihan Listrik

Sebenarnya pengecekan tagihan listrik terbilang mudah dan susah untuk orang yang masih belum tau caranya. Tapi, jika kamu ingin tau bagaimana langkahnya? Simak beberapa langkah ini:

1. Via PLN Mobile

Cara mengecek tagihan listrik online lewat HP melalui aplikasi PLN Mobile bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile di smartphone melalui Play Store atau App Store.
  2. Setelah berhasil menginstall aplikasi PLN Mobile, lalu lakukan login.
  3. Apabila belum memiliki akun, pilih ‘Daftar’.
  4. Lalu isi nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, email aktif, dan password.
  5. Setelah masuk ke dashboard akun, pilih tab ‘Informasi’ yang berada di halaman depan.
  6. Klik ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  7. Sistem akan menampilkan tagihan listrik dan jumlah pemakaiannya serta riwayat tagihan.

Selain itu kamu juga bisa melakukan pembayaran melalui APK ini, berikut caranya:

  1. Pilih menu Kelistrikan, Token dan Pembayaran atau fitur Pemberitahuan.
  2. Lalu ikuti instruksi berikutnya untuk pembayaran tagihan listrik.

2. Via Website PLN

Jika tak memiliki cukup ruang untuk mengunduh aplikasinya, kamu dapat menggunakan website resmi PLN ini sebagai alternatif untuk mengecekkan tagihan yang ada. Berikut ini beberapa langkahnya:

  1. Buka browser di HP Masuk ke website resmi PLN atau https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik.
  2. Ketik “Daftar Akun” di pojok kanan bawah apabila belum terdaftar.
  3. Isi data diri dengan memasukkan nama pemohon, email aktif, ID pelanggan atau nomor meter, nomor ponsel, kata sandi, dan kode captcha.
  4. Klik “Daftar” PLN akan mengirimkan kode verifikasi yang dikirim melalui email.
  5. Masukkan kode verifikasi.
  6. Setelah terdaftar, pelanggan bisa memasukkan alamat email dan password yang sudah dibuat saat pendaftaran.
  7. Setelah masuk, sistem akan menampilkan informasi terkait tagihan dan riwayat pembelian listrik.

3. Via SMS

Jika kamu tidak bisa menggunakan aplikasi maupun internet. Sebenarnya ada langkah mudah untuk kamu gunakan dalam mengecek tagihan listrik. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Untuk melakukan cara ini, pastikan terlebih dahulu jika kamu memiliki pulsa yang cukup.
  2. Buka menu pesan yang ada di ponsel, lalu ketik ‘REK NO ID Pelanggan’.
  3. Kirim ke 8123, contohnya ‘REK 1253783902.
  4. Jika sudah tunggu sampai ada balasan mengenai tagihan listrik bulanan.

Caranya, kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Contoh: PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

Selain itu, ada layanan yang memungkinkan pelanggan mendapatkan informasi tagihan listrik setiap bulan secara otomatis (langganan informasi tagihan listrik). Tak hanya mendaftar, kamu juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN OFF 987323847361 kirim ke 8123.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam mengecek tagihan listrik dengan mudah. Semoga dapat membantu dan bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru