4 Tempat Wisata Alam Dieng Terpopuler, Pegunungan Indah!

Resa Azzahra 0 Komentar

Tempat wisata dieng adalah salah satu tempat yang menjadi incaran para wisatawan. Karena keindahan yang asri dan dataran tinggi yang memukau

INDIFFS.COM – Bagi kamu yang sedang berencana berlibur ke kawasan ini, jangan pernah lewatkan beberapa tempat wisata Dieng yang sudah terkenal. Dataran tinggi Dieng dikenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit, yang terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegera, Jawa Tengah, Dieng menawarkan keindahan alam serta kekayaan budaya yang memikat.

Sehingga dieng menjadi salah satu tempat tujuan para wisatawan untuk menghabiskan waktu libur nya, baik di akhir pekan, libur panjang maupun hari biasa. Dataran tinggi di Jawa Tengah ini di juluki negeri di atas awan karena berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Sehingga sering diselimuti awan utamanya pada pagi dan malam hari.

Terdapat banyak obyek wisata di dataran tinggi Dieng, seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, aneka kuliner, kolam pemandian air hangat, dan lainnya.

Jadi, Dieng merupakan obyek wisata yang cocok untuk dikunjungi saat libur panjang. Utamanya, saat cuaca tengah terik dan panas seperti sekarang ini. Berikut beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat libur weekend:

1. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam nya yang menawarkan dataran tinggi Dieng, Batu Pandang Ratapan Angin ini memiliki ketinggian mencapai 2010 mdpl yang dapat dijadikan sebagai wisata destinasi untuk dikunjungi. Di tempat ini sendiri sesuai dengan namanya, memiliki bebatauan di bagian puncak bukit yang dimana kamu dapat mengagumi keindahan alam dari ketinggian sembari menikmati hembusan angin yang dikatakan mampu menghasilkan suara-suara gemeristik bak siulan.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat seluruh telaga dengan warna yang kera berubah ini dengan jelas dari batu pandang ratapan angin. Selain menyajikan panorama yang begitu indah, Batu Pandang Ratapan Angin juga menjadi salah satu tempat berfoto terbaik di Dieng. Keindahan panorama yang tersaji di sana juga sangat pas sebagai latar belakang foto.

Tempat wisata Batu Pandang Ratapan Angin ini beralamat di Theater, Jl. Dieng, Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354. Jam Buka setiap hari dari pukul 06.00-17.30. Untuk harga tiket wisata satu ini cukup murah yaitu dengan membayar retribusi tiket masuk sebesar Rp.10.000,-/orang. 

2. Telaga Warna

Wisata Dieng Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga warna merupakan salah satu ikon wisata yang memiliki warna air danau berubah-ubah saat terkena pantulan sinar matahari. Fenomena ini disebabkan oleh tingginya kandungan belerang pada air danau. Tempat ini juga berada di ketinggian 2.000 mdpl dengan bentang alam yang indah yang dikelilingi oleh panorama gunung prau. 

Telaga Warna tepatnya berlokasi di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jam Buka setiap hari dari pukul 06.30-16.00. Untuk harga tiket masuk Telaga Warna Dieng, tarif nya adalah Rp 22.000 untuk wisatawan domestik, baik hari libur maupun biasa.

3. Kawah Sikidang

Wisata Dieng Kawah Sikidang

Kawah Sikidang – Kompas

Kawah Sikidang merupakan kawah di daratan tinggi Dieng yang masih aktif mengeluarkan gas dan uap air. Kawah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, karena memiliki udara sejuk dan pemandangan alam yang indah. Kawah ini sendiri sangat fenomenal. Pada waktu tertentu, rata-rata sekali dalam 4 tahun, kolam kawah akan berpindah atau seolah-olah melompat dalam satu kawasan seperti karakter hewan kidang (kijang dalam bahasa Jawa kuno) yang suka melompat. Itulah yang menjadi asal usul kenapa kawah fenomenal ini dinamakan Kawah Sikidang.

Banyak yang beranggapan bahwa Kawah Sikidang itu berada di Wonosobo. Namun, sebenarnya Kawah Sikidang ini masuk kedalam wilayah kabupaten Banjarnegara, yang beralamat kan di jalan Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456. Jam Buka setiap hari dari pukul 07.00-17.00. Harga tiket masuk Kawah Sikidang yaitu sebesar Rp.15.000,- per orangnya, di tambah dengan biaya parkir Rp.3.000,- untuk sepeda motor dan Rp.5.000,- untuk mobil.

4. Basecamp G. Prau Kalilembu

Basecamp G. Prau Kalilembu

Basecamp G. Prau Kalilembu

Untuk kamu yang ingin berlibur menikmati indahnya pemandangan alam. Banyak yang mengklaim bahwa tempat ini adalah tempat paling nyaman, karena cenderung lebih sepi dan bersih, cocok bagi yang ingin healing dengan mendaki gunung, karena basecamp lain ramai dan riuh, sehingga tidak bisa dijadikan tempat istirahat yang nyaman. Disini juga ada tempat parkir yang cukup untuk mobil dan motor, terletak di kanan jalan dari arah Wonosobo atau kiri jalan dari arah Dieng. Sangat nyaman untuk istirahat, pelayanan juga ramah 24 jam, biaya pendakian 15 ribu dan biaya fasilitas basecamp 10 ribu termasuk toilet, tempat istirahat, charger dan masih banyak lainnya.

Itulah 4 wisata alam Dieng yang dapat dikunjungi dengan menikmati banyaknya wisata alam asri. Semoga dapat bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru